NEWS

UM Metro Tekankan Mahasiswa Berpegang Teguh Dengan Nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan

RADARMETRO.ID – Universitas Muhammadiyah (UM) Metro arahkan mahasiswa baru berprilaku di dalam kampus dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Kemuhammadiyahan.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. M Ihsan Dacholfany, S.Pd, M.Ed., dalam agenda Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru (MASTAMA) UM Metro yang sukses diselenggarakan pada Sabtu, (10/9/2022).

Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan AIK UM Metro itu menegaskan, sebagai mahasiswa baru di kampus Perserikatan Muhammadiyah selayaknya berpegang teguh pada empat nilai keislaman.

Diawali dengan ta’aruf yang berarti saling mengenal, kemudian tafahum yang artinya saling memahami, lalu bersikap ta’awun atau saling menolong, dan tafakul alias saling menanggung.

“Dari keempat maka mahasiswa baru nantinya dapat menjadi insan yang tasa’adah atau mahasiswa yang bisa saling membahagiakan di dunia maupun di akhirat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dacholfany turut membeberkan perilaku-perilaku yang berpegang tegus dengan nilai-nilai keislaman kemuhammadiyahan yang selayaknya diterapkan mahasiswa UM Metro.

Diantaranya, kata Dacholfany, mahasiswa harus memiliki perilaku membangun kecerdasan hati. Menurutnya kecerdasan hati bisa dimulai dengan meluruskan niat, senantiasa belajar dan berdoa. Sehingga mahasiswa UM Metro dapat mengambil hikmah atas segala perubahan yang ada, selanjutnya menjadi hal tersebut sebagai pembelajaran.

“Selanjutnya itu perilaku intelektual seperti, membaca, menulis, berdiskusi, mengasah analisis, dan tak segan berbagi ilmu lepada orang lain,” beber Dacholfany.

Ia juga memberikan arahan agar mahasiswa bru UM Metro dapat menerapkan perilaku emosional ke dalam hal-hal positif. Kata Dacholfany, sebagai awal mahasiswa harus bisa memahami perasaan diri sendiri, saling menghormati, bekerjasama sebagai tim, dan membawa diri survive dari dunia pasca menjadi mahasiswa UM Metro.

Selain itu, Dacholfany membeberkan perilaku mahasiswa selanjutnya yakni, perilaku sosial mahasiswa. Menurutnya, sesama mahasiswa muslim jika bertemu selayaknya mengucapkan salam, dan memiliki jiwa tolong-menolong di kondisi apapun.

“Yang terakhir sebagai mahasiswa harus memiliki perilaku merubah diri, artinya memiliki semangat dalam mengupgrade kemampuan. Bisa ditunjukkan dengan komitmen dengan apa yang di kerjakan, dan bertanggungjawab tentunya,” tambahnya.

Dacholfany menegaskan, bahwa mahasiswa UM Metro yang menerapkan lima perilaku tersebut, akan menjadi mahasiswa sukses di bangku perkuliahan ataupun di masyarakat. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button