NEWS

UM Metro Ciptakan Film, Mahasiswa Jadi Pemeran Utama

RADARMETRO.ID – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Metro berhasil menggarap film dengan mengangkat cerita tentang isu sosial di masyarakat.

Film yang diberi judul ‘Pulang’ turut melibatkan mahasiswa sebagai pemerannya. Selain itu, film yang diproduseri oleh M Ichsan Dacholfany, selaku Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan AIK UM Metro turut melibatkan sejumlah dosen dalam proses pembuatan film tersebut.

Kepada radarmetro.id, Dacholfany mengatakan, film berjudul ‘Pulang’ yang dituntaskan selama dua bulan itu, menceritakan tentang seorang pengamen bernama Bisma yang diperankan mahasiswa UM Metro bernama Rifaldi Hauzan Rafid, yang sedang mencari-cari jati diri untuk menemukan kebahagiaan.

“Film tersebut mengajarkan para penontonnya mendapatkan kebahagiaan dari diri sendiri, tidak bergantung dengan orang lain,” ujarnya saat dikonfirmasi radarmetro.id, Jumat (23/9/2022).

Produser M Ichsan Dacholfany mengungkapkan, bahwa film merupakan sarana menyebarluaskan hal-hal positif di masyarakat. Melalui film berjudul ‘Pulang’, selain karya asli Kota Metro, film tersebut juga sebagai tontonan yang dapat membangkitkan semangat menggapai kebahagiaan diri sendiri.

“Film mampu menyebarkan budaya luar,
dan mampu mempengaruhi masyarakat, seperti gaya berpakaian, bahasa, dan gaya hidup, dan tak sering juga
dari film kita juga mampu menerima informasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan saat ini film juga sudah
mengambil peranan penting dalam terbentuknya pendidikan karakter seseorang,” bebernya.

Dacholfany turut membeberkan proses pembuatan film ‘Pulang’, ia melibatkan beberapa mahasiswa, dan juga dosen. Dalam proses produksi, pihaknya hanya membutuhkan waktu dua bulan.

“Kita mulai itu sejak pra produksi film yang diawali dengan meeting pertama tanggal 15 Juni 2022. Setelah melalui take video dan editing itu selesai pada 17 Juli 2022, dan kita sudah menonton hasil keseluruhan pertama kali itu tanggal 18 nya,” tambahnya.

Selain itu, Wakil Rektor IV UM Metro itu pun turut mengakui, dibalik kesuksesan menggarap film tersebut turut mengalami hambatan. Diantaranya, mulai dari pembagian jobdesk antar kru hingga menjalin chemistry antar pemeran.

“Kadang ada kru yang berhalangan hadir, maka kita terapkan penjadwalan yang fleksibel sesuai dengan tanggungjawab masing-masing. Tapi semua bisa teratasi, peran masing-masing juga cepat di pahami oleh mereka,” kata Dacholfany.

Ia juga berharap, melalui film pertamanya itu bisa menginspirasi para penggiat dunia perfilman di Kota Metro. Terlebih-lebih film yang dapat mengandung unsur edukasi di masyarakat.

“Pesan yang disampydalam film ini adalah suatu kebahagian itu timbul dari dalam diri sendiri bukan tergantung pada orang lain dengan cara berusaha memaknai
setiap pengalaman yang terjadi dalam hidup. Semoga kedepannya akan banyak bermunculan film serupa di Kota Metro,” tandasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun radarmetro.id, film tersebut turut didukung oleh UPT Pusat Karir dan Inkubator Bisnis dalam hal ini diprakarsai Karnila Ali B, M.P.A., dan Hendri.

Sementara itu, film ‘Pulang’ diproduseri oleh M Ichsan Dacholfany, Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan AIK UM Metro. Kemudian kerabat kerja produksi film tersebut diantaranya, Rifaldi Hauzan Rafid, Yudha Hermawan, Laura Sinda, Pratiwi Puji Lestari, Hanifatul Azizah, dan Intan Oktafiana APS. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button