NEWS

Prodi D3 Sistem Informasi UM Metro Gandeng Ponpes Aisyiyah Imadul Bilad sebagai Mitra Pengabdian Masyarakat AIK

close
banner iklan melayang

RADARMETRO.ID – Catur Dharma Perguruan Tinggi merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen, bahkan di Universitas Muhammadiyah Metro dosen berkewajiban menjalankan catur darma yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Guna memenuhi kewajiban dosen di bidang AIK tersebut, program studi D3 Sistem Informasi UM Metro menggandeng Pondok Pesantren Aisyiyah Imadul Bilad (PPA Imadul Bilad) sebagai mitra pelaksanaan kegiatan pengabdian Masyarakat AIK.

Menurut Mustika, M.Kom yang merupakan ketua pelaksana kegiatan sekaligus Kaprodi D3 Sistem Informasi, menyampaikan pendampingan penggunaan aplikasi Learn Qur’an Tajwid berbasis Android sebagai alat bantu belajar mengaji mandiri bagi Santri PPA Imadul Bilad dirasa tepat sasaran untuk abdimas AIK.

“Pemilihan PPA Imadul Bilad sebagai mitra kegiatan sudah tepat, dikarenakan sasaran abdimas AIK adalah Ortom Muhammadiyah. Selain itu diperkuat dengan tema kegiatan ‘Pendampingan Penggunaan Aplikasi Learn Qur’an Tajwid berbasis Android sebagai Alat Bantu Belajar Mengaji Mandiri bagi Santri PPA Imadul Bilad’, sehingga muatan unsur AIK terpenuhi dalam pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal (1/5/2021) diikuti oleh santri PPA Imadul Bilad.

Ketua Pelaksana didampingi oleh dosen-dosen Prodi D3 Sistem Informasi sebagai anggota yang terdiri dari Bapak Mujito, M.Kom., Bapak Budi Asmanto, M.T.I, Bapak M.Komaruddin, MZ.,M.T.I, dan Ibu Asih Sutanti, M.T.I, Selain dosen juga dibantu oleh mahasiswa prodi D3 Sistem Informasi, yaitu Wisnu Andrean, Rahma Monica, Wahyu Tedi Kurniawan, M. Akhdan dan Tazkia Fadila Ulya.

Meski dilaksanakan di bulan Ramadan, namun peserta pelatihan tetap semangat mengikuti praktek yang diarahkan oleh tim pelaksana.

“Ngabuburit special ini, karena diberi ilmu yang sangat bermanfaat, aplikasi yang diperkenalkan sangat bagus dan bermanfaat bagi kami santri, apalagi ditengah pandemi yang belum berakhir, bisa kami gunakan sebagai media belajar mengaji mandiri apabila ada kebijakan belajar dari rumah seperti yang pernah dirasakan,” kata Ari Susanti salah satu peserta pelatihan.

Pimpinan PPA Imadul Bilad, Bapak Dr. Samson Fajar, M.Sos.I juga berkesempatan hadir dan memberikan tausiyah ramadhan di Kampus Fakultas Ilmu Komputer UM Metro.

Kesuksesan kegiatan juga berkat dukungan Bapak Sudarmaji, M.MKom dan Bapak Dedi Irawan, M.T.I selaku Dekan dan Wakil Dekan Fikom UM Metro. (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close