METRONEWS

Perangi Korupsi, Komitmen Kajari Metro Menuju Predikat WBK dan WBBM

close
banner iklan melayang

METRO – Dalam pencanangan zona integritas menuju predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Metro inginkan peran aktif masyarakat untuk mencegah perilaku korupsi pada sistem birokrasi pemerintah setempat.

Hal itu tersebut dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Metro Riki S. Tarigan dalam kegiatan pencanangan zona integritas menuju predikat WBK dan WBBM, Selasa (25/02).

“Dengan komitmen kami menuju WBK dan WBBM. Semua pihak, termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta untuk mencegah korupsi,” ucap Kajari Metro Riki S. Tarigan.

Menurutnya, zona integritas WBK dan WBBM penting untuk suatu kesepakatan, komitmen bersama dalam mewujudkan zona bebas korupsi di lingkup birokrasi. Namun, beberapa kendala seperti penyalahgunaan wewenang, praktik KKN dan lemahnya pengawasan dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan berdampak pada tindak pidana korupsi yang kerap terjadi di lingkungan birokrasi.

“Melalui reformasi birokrasi, kami akan membangun satuan kerja dan melakukan penataan terhadap sistem pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Sehingga organisasi pemerintah dapat melayani dengan cepat, tepat, dan profesional,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan pencanangan tersebut sebagai wujud memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Untuk itu, berbagai birokrasi pelayanan kita sederhana dan di sempurnakan menyesuaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi,” jelas Pairin.

Ditambahkannya, pihak Pemkot Metro mewajibkan kepada seluruh pejabat dan aparatur pemkot untuk menandatangani pakta integritas terkait korupsi. Sehingga akan ada dukungan, masukan dan saran dari berbagai pihak agar zona integritas menuju WBK di Kota Metro dapat di wujudkan dengan optimal.

“Berbagai upaya yang telah kami lakukan selama ini belum seluruhnya sempurna dan memenuhi harapan bagi kami semua,” pungkasnya.

Diketahui, selain Walikota Metro Achmad Pairin, kegiatan yang diberlangsung di halaman Kejari Kota Metro juga dihadiri olek Kalapas Metro Ade Kusmanto, Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati, perwakilan dari Kodim 0411/LT, Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG dan seluruh Kasi, Staf Kejari setempat. (Yoyo Susilo).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close