NEWS

Pemkot Metro Komitmen Gerakan Peduli Kanker Serviks dan Payudara

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kira Metro menyatakan komitmennya dalam melaksanakan Gerakan Peduli Kanker Serviks dan Payudara. Komitmen ini dilakukan dengan ditandatanganinya Gerakan Peduli Kanker Serviks dan Payudara oleh Walikota Metro Wahdi dan Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman di Sekretariat Yayasan Kanker Indonesia (TKI) Kota Metro, Kamis (25/11/2021).

Dalam sambutannya, Walikota Metro menjelaskan mengenai penyakit tidak menular masih menjadi penyebab kematian tertinggi seperti kanker serviks dan payudara. Terlebih untuk kedua penyakit ini membutuhkan biaya pengobatan yang mahal.

“Berdasarkan data RSUD Jendral Ahmad Yani dan praktek dokter sampai dengan Februari 2020 terdapat 192 kasus (stadium lanjut). Sedangkan dari data hasil IVA test untuk Kota Metro dengan IVA positif terdapat 10 sampai 12 persen dari wanita usia 30-50 tahun,” paparnya.

Karena itu, lanjut Wahdi, diperlukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian peringatan HKN ke-57. “Dan ini adalah satu kesatuan dari JAMA-PAI (Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu). Jadi kita menjamin keseluruhan masyarakat Kota Metro 95%,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti mengatakan, data pasangan usia subur Kota Metro ada sekitar 13 ribu jiwa yang harus dilakukan deteksi kanker. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin bisa di puskesmas atau klinik.

“Berdasarkan faskes dan telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk pasangan yang sudah menikah untuk usia 30-50 tahun. Kita akan promosikan lewat puskesmas, kelompok ibu, PKK agar tidak takut untuk melakukan deteksi sedini mungkin,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button