NEWS

Pemkot Metro Alokasikan Modal ke Bank Lampung Rp10 M

close
banner iklan melayang

METRO – Pemerintah Kota Metro kembali menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang penambahan penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung. Pasalnya, untuk dapat menyalurkan modal dari pemerintah daerah ke perusahaan daerah tersebut harus ditetapkan dalam Perda.

“Peraturan Daerah (Perda) yang terkait selama ini belum ada. Oleh karena itu Perda ini merupakan Perda baru. Saya juga berharap draf ini mencapai 95% sesuai dengan apa yang telah diinginkan, sehingga tidak perlu banyak perbaikan lagi. Dengan adanya forum ini, kita mempunyai kesempatan untuk memberi masukan dalam hal materi,” terang Asisten I Setda Kota Metro Ridhwan, Kamis (6/8/2020).

Ia mengatakan, mengenai perda baru tersebut akan berlaku selama 5 tahun kedepan. “Kemudian untuk dana yang kita tambahkan ke PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung sebanyak Rp. 10.000.000.000,” kata Ridwan.

Sementara itu, Kabag Hukum Setda Kota Metro Ika Pusparini Anindita Jayasinga menjelaskan, untuk saat ini penyusunan raperda tersebut masih dalam proses. Selain itu, raperda tersebut juga telah melalui kajian ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

“Penyusunan Raperda ini juga disusun sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara pada Pasal 41 ayat 5 menyebutkan bahwa penyertaan modal kepada perusahaan swasta atau daerah harus ditetapkan dalam Perda. Raperda ini sudah melalui kajian dari Fakultas Ekonomi Unila. Ini untuk menentukan berapa nilainya penyertaan modal tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan, sebelumnya aturan tersebut sudah ada namun bersifat umum. Perda tersebut tertuang dalam Perda Nomor 9 tahun 2010 tentang penyertaan modal kepada pihak ketiga.

Karenanya, tambah Ika, diperlukan aturan yang lebih spesifik mengenai penyertaan modal tersebut. “Kalau target mudah-mudahan bisa selesai tahun ini. Nanti setelah melalui pembahasan kita akan dikaji ulang uleh Unila baru akan dibahas di DPRD,” pungkasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close