METRO

Panen Raya, Metro Surplus 11.320 Ton Beras

METRO – Walikota Metro Achmad Pairin mengapresi pencapaian hasil panen tahun ini. Pasalnya, Kota Metro mengalami surplus beras sebesar 11.320 ton dari jumlah target panen tahun 2019.

“Alhamdulillah musim panen ini kita bisa menghasilkan 47.000 ton gabah dari total luas tanam 2.880 hektar. Nah dari jumlah padi yang dihasilkan ini kita bisa menghasilkan 56 persen beras atau sebesar 26.320 ton. Sedangkan kebutuhan masyarakat sebesar 15.000 ton. Artinya Kota Metro insyaallah surplus beras sebesar 11.320 ton,” terang Walikota Metro Achmad Pairin dikonfirmasi awak media usak Panen Raya di Bumi Perkemahan (Buper) Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Senin (27/1/2020).

Ia mengatakan, Kota Metro ditargetkan dari Gubernur Lampung sebesar 2.980 hektar. Namun dari jumlah tersebut Metro mampu menanam seluas 2.880 hektar.

“Jadi 100 hektar tidak bisa ditanami padi karena faktor air. Jadi kemarin hasil musrenbang banyak usulan untuk perbaikan irigasi. Namun untuk yang tidak ada sumber air, tahun ini kita akan tambah 2 sumur bor,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk rencana pembangunan satu sumur bor tersebut mampu mengairi 10 hektar sawah. Artinya akan ada 20 hektar sawah yang dapat diairi dengan sumur bor tersebut.

“Nah untuk sumur bor yang mati, nanti akan kita lihat. Apakah bisa diperbaiki atau bagaimana, nanti kita lihat. Apakah bisa diperbaiki dengan anggaran dinas,” ujarnya.

Sementara itu, Gubenur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi pencapaian panen petani tahun ini. Ia juga akan menerapkan pola yang dilakukan di Kota Metro ke kabupaten lainnya.

“Nah nanti pola apa saja yang dilakukan di Kota Metro nanti akan kita kembangkan di kabupaten lainnya. Seperti dalam mengairi sawah, pemilihan bibit berkualitas dan penggunaan pupuk tepat waktu. Sehingga upaya ini dapat mewujudkan
Petani Berjaya sebagai awal kebangkitan petani untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan,” pungkasnya. (ria)


News Reporter

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button