NEWS

Merintis Bisnis melalui Digital Marketing, Diseeni bisnis kreatif berbasis kesenian menggulung kertas Mendapatkan Penghargaan dan Pendanaan dari Kementrian Koperasi dan UMKM RI.

close
banner iklan melayang

Muhammad Rofi Ridwanda pemuda asal lampung yang merupakan lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan bidang studi Ilmu Filsafat yang fokus pada studi filosofi bidang etika terapan yaitu Etika Bisnis. Ia juga aktif sebagai pembicara dan diundang sebagai mengisi seminar kewirausahaan untuk dapat memotivasi anak muda dalam memulai suatu usaha. Saat ini, ia memiliki bisnis kreatif kerajinan tangan bernama Bakul Quilling dan Diseeni. Diseeni merupakan bisnis kreatif berbasis kerajinan tangan untuk kebutuhan kado. Terlahir dari side project Bakul Quilling, kini lini bisnis ini justru menjadi payung legal perusahaan yang juga membawahi Bakul Quilling sebagai inovasi dari seni menggulung kertas. Diseeni merupakan penyedia kado professional yang merintis usaha di Yogjakarta, dan sudah mendapatkan beberapa penghargaan dan pendanaan dari kementrian koperasi dan UMKM RI, Kemenristek Dikti dan Universitas Gadjah Mada. Diseen juga terdaftar dalam HKI Kemenkum Ham (HKI Merek), Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dengan visi menjadikan perusahan kreatif yang sukses secara materi , berkah, bahagia, dan menjadi penebar kebahagian bagi seluruh tim, mitra, dan konsumen. Sampai saat ini Diseeni memiliki 3 ukuran, 14+ series produk, dan 57+ Variasi produk kado bingkai. Secara garis besar Diseeni memiliki light series dan Dark series, dan akan terus melakuan inovasi kedepannya. Diseeni dapat mengirim ratusan pcs setiap minggu dengan penjualan rata-rata perbulan sejak Agustus 2020 menyentuh angka 700+ pcs, dengan penjulan terbanyak pada bingkai medium 20×20 3D.

Diseeni punya tiga cara cepat untuk memudahkan costumer dalam proses pemesan. Melalui instagram official @diseeni akun ini merupakan inti dari semuanya, detail produk, video pengerjaan, packing, testimoni karena memang diseenin hanya menjual via online di Instagram.

Selanjutnya ada Shopee official Diseeni, hadirnya diseeni pada aplikasi shopee tentu didorong dari costumer diseeni yang suka gratis ongkir, dan yang terakhir website Diseeni yang merupakan sebagai jembatan memudahkan costumer untuk menuju ke whatsapp/shopee. Karena bahan baku Diseeni ini menggunakan kaca sebagai bingkai tidak heran jika dalam proses pengiriman mengalami kendala seperti kaca sering pecah ketika sampai ke costumer. M.Rofi Ridwanda selaku owner mengatakan ”Pada awal penjualan 2017 sampai 2018 packing masih pakai streofoam kanan kiri atas bawah di dobel-dobel, jadi satu bingkai A5 bisa gede banget. Streofoam di potong-potong manual yang buat telinga ngilu. Kemudian perlahan mulai dapat membeli alat pemotong streofoam. Pokoknya harus berdarah-darah kalau mau sukses yak” Namun sekarang Diseeni sudah memiliki formula yang pas untuk packingnya sehingga aman sampai ketangan custumer.
Dan sampai saat ini Diseeni memiliki Reseller yang tersebar mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua dengan 133 Reseller.

Proyeksi Deseeni pada bulan Mei 2021 akan melakukan perekrutan karyawan sebanyak 6 orang dengan divisi CS, Admin, Konten creator dan Desain Grafis Produksi. Diseeni akan melakukan Grand Opening brand terbaru pada produk bingkai 3D A4 putih dan akan launching produk baru. Pada bulan Agustus akan memperluas marker ke Businees to Business, dan pada bulan Juli-Desember akan melakukan optimasi tim dan system dengan target penjualan 2500pcs/bulan.
PENULIS: ANGGORO RATRI WIDYOWATI
MAHASISWA S2 PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN EKONOMI
UNIVESITAS SEBELAS MARET

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close