METRONEWSPOLITIK

Masa Perbaikan, Dukungan Dicoret Balonkada Bisa Ganti 2 Kali Lipat

close
banner iklan melayang

METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kesempatan kepada pasangan bakal calon kepala daerah (balonkada) perseorangan memperbaiki berkas dukungannya. Pasalnya, masa perbaikan diberikan bagi masing-masing balonkada untuk melengkapi kekurangan.

“Masa perbaikan diberikan sesuai jadwal yang ditentukan. Yakni jika terjadi kekurangan dukungan karena dicoret atau tidak sesuai, maka bisa diperbaiki dan diganti dengan syarat dua kali lipat dari jumlah kekurangan. Contohnya minimal dukungan kan 11.432, tapi kurang 100 maka pasangan bakal calon ini wajib melengkapi dengan 200 dukungan pada masa perbaikan,” papar Ketua KPU Kota Metro Septa Nurris Pratama didampingi Komisioner Divisi Teknis Pemilihan Umum KPU Toni Wijaya.

Ia mengatakan, dalam verifikasi dukungan pihaknya akan melakukan verifikasi faktual di lapangan. Yakni dilakukan sesuai nama dan alamat masing-masing dukungan.

“Nanti tim akan turun mengecek langsung nama dan alamat masing-masing yang memberikan dukungan. Pengecekan akan dilakukan langsung oleh tim KPU dengan diawasi oleh Bawaslu,” terangnya.

Diakuinya, dukungan yang tidak memenuhi persyaratan maka nantinya berkas akan dicoret. Meski begitu KPU memberikan masa perbaikan dukungan sesuai dengan ketentuan.

“Apabila ada temuan KTP yang tidak sesuai maka akan dicoret. Namun masih bisa diperbaiki. Kita juga akan mengecek berkas dukungan ini apakah sama dengan KTP yang diberikan,” paparnya.

Meski begitu, tambahnya, sampai saat ini pihaknya masih menunggu bakal calon (balon) perseorangan yang akan maju dalam Pilkada tahun ini. Ini mengingat masa penyerahan berkas dukungan balon perseorangan akan berakhir hingga 23 Februari.

“Saat ini untuk yang sudah menyerahkan dukungan masih kami cek. Nanti juga akan dilakukan verifikasi berkas secara faktual. Tim akan didampingi oleh masing-masing LO dari kandidat perseorangan,” pungkasnya. (ria)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close