NEWS

Karang Taruna di Masa Pandemi

close
banner iklan melayang

SEPERTI kita ketahui bersama bahwa Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan, sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Karang Taruna memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bagi pemuda. Dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini kita harus berusaha keras menyesuaikan kondisi yang ada dengan terus berkarya sesuai dengan potensi dan kemampuan di wilayah masing-masing. Karang Taruna harus lebih kreatif dan mewujudkan rencana aksi dengan terus konsisten dan berkelanjutan melalui Gerakan Nyata.
Adapun kegiatan yang dilakukan Karang Taruna Kota Metro di masa pandemi, antara lain, Karang Taruna Kota Metro bersama Karang Taruna yang ada di kelurahan membantu Tim Satgas Covid melakukan Penyemprotan ke rumah-rumah warga dan mengampanyekan gerakan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak Aman) melalui media sosial.

Untuk kegiatan Olahraga baik sepakbola dan futsal tingkat Kota Metro tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan untuk meningkatkan imunitas dan juga meningkatkan silaturahmi antar anggota Karang Taruna. Karang Taruna juga melaksanakan program “Lapak KTM” yaitu Gerakan peduli UMKM dengan membantu mempromosikan melalui media sosial Karang Taruna Kota Metro dengan tujuan agar produk dapat diketahui secara luas dan diharapkan pembeli dapat meningkat, dengan cukup menyertakan #lapakktm dan mentaq Instagram @karangtarunakotametro. Setiap 1 (satu) minggu sekali Tim Lapak KTM akan mendatangi usaha-usaha lokal untuk mendokumentasikan secara langsung. Bagi pengusaha yang kesulitan untuk membranding promosi produk (Gaptek) akan dibantu oleh Tim Lapak KTM.

Selanjutnya dalam masa pandemic Karang Taruna Kota Metro memiliki Kegiatan “Podcast Karta Komet” dengan menyuguhkan materi atau sharing ilmu dan pengalaman dari narasumber yang kompeten.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna, akhir tahun ini dilakukan Musyawarah Warga Karang Taruna di 22 Kelurahan yang ada di Kota Metro, nantinya hasil musyawarah akan menghasilkan kepengurusan baru di tiap kelurahan dengan masa bhakti 5 (lima) tahun. Adapun arah gerakan Karang Taruna ke depan adalah lebih meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia warga Karang Taruna yang kreatif, inovatif, siap berkolaborasi, dan bersinergi dengan Lembaga PKK, LPM, RT/RW, Kelompok Tani, Kader Kesehatan, Komunitas Kreatif, dan potensi kesejahteraan lain yang ada di kelurahan.

Welly Adiwantra, selaku Ketua Karang Taruna Kota Metro berharap dengan gerakan Karang Taruna, para pemuda di Kota Metro dapat mempunyai wadah pengembangan diri dan dapat berpartisipasi dalam usaha kesejahteraan sosial khususnya untuk pemuda. Melalui Karang Taruna pemuda dapat bangkit dan mempunyai semangat untuk berkreasi, melatih jiwa kepemimpinan, memunculkan usaha ekonomi kreatif serta mempunyai jaringan kemitraan yang lebih luas. Welly juga berharap agar Pembina di tingkat kelurahan (Lurah) dan Pembina di Tingkat Kecamatan (Camat) dapat mendukung penuh dan memberikan pembinaan melalui keikutsertaan dalam perencanaan pembangunan, pelaksanaan kegiatan, fasilitasi kegiatan dan pemberdayaan Karang Taruna, karena Karang Taruna adalah salah satu lembaga kemasyarakatan yang ada di kelurahan untuk membantu pemerintah dalam usaha kesejahteraan sosial. Peran pemuda sangat penting sebagai generasi penerus yang harus disiapkan sejak dini, sudah sewajarnya mereka diberikan porsi dan ruang yang optimal. Ke depan Karang Taruna akan selalu berbenah dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif serta bermanfaat untuk masyarakat, semoga masa pandemi dapat segera berlalu ujarnya. (Karta)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close