NEWS

Ikuti Wisuda Hari Terakhir, Lulusan Terbaik Kategori Hafidz Quran Berikan Tips Jadi Hafidz

RADARMETRO.ID – Sebanyak 213 lulusan Universitas Muhammadiyah Metro mengikuti prosesi wisuda pada hari ke-4 bertempat di Aula Gd. E, Kampus 1 UM Metro, Kamis (25/11/2021). Ini merupakan hari terakhir dari rangkaian acara peringatan Milad Ke-55, Wisuda Magister ke-10, Sarjana ke-40, dan ahli madya UM Metro tahun 2021.

Wisuda pada hari ini diikuti oleh wisudawan dan wisudawati dari Fakultas Hukum sebanyak 91 orang, Fakultas Ilmu Komputer sebanyak 66 orang, dan Fakultas Agama Islam sebanyak 56 orang.

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional, Rektor UM Metro, Drs. H. Jazim Ahmad, M. Pd. mengajak wisudawan untuk tidak melupakan jasa guru.

“Tanpa jasa guru kita tidak akan mungkin ada di posisi sekarang. Saya pun tidak akan bisa menjadi Rektor. Guru bukan hanya yang ada di sekolah tapi orang tua juga guru, ulama juga guru. Bahkan orang tidak dikenalpun jika memberikan ilmu kepada kita juga disebut guru,” pungkasnya.

Di sela-sela sambutannya, Rektor berpesan kepada para wisudawan yang akan memasuki dunia kerja.

“Tetap memegang teguh visi UM Metro yakni profetik profesional, modern dan mencerahkan sehingga lulusan memiliki sifat kenabian, siddik, amanah, fathonah dan tabliq,” pesannya.

Hadir sebagai tamu undangan, Dr. Fauzan, M. Ag. mewakili Ketua Kopertais Wilayah XV menyampaikan hal yang harus diingat oleh para wisudawan.

“Kemenangan pada hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kalian, namun merupakan momen awal memasuki realita kehidupan. Selain ilmu dan keterampilan, kalian harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Fauzan memberikan kiat sukses dunia akhirat kepada wisudawan. “Jangan pernah lupakan Allah SWT dan jangan pernah lupakan orang tua,” tambahnya.

Ada yang berbeda pada wisuda hari ini, diantara para wisudawan, terdapat 5 hafidzah yang mendapatkan penghargaan dari Rektor antara lain Ida Falida, Iis Yulitasari, Erlita Astriani, Eva Septiana dari prodi Komunikasi Penyiaran Islam dan Reza Pan Utami dari prodi Pendidikan Agama Islam.

Pada momen spesial ini, keluarga dari wisudawan hafidzah ini datang memenuhi undangan rektor untuk menyaksikan  prosesi wisuda secara langsung. Panitia menyiapkan momen khusus bagi mereka untuk menampilkan persembahan berupa pembacaan puisi dan sambung ayat.

Tangis air mata pun tidak terbendung lagi saat para wisudawan memanggil kedua orang tua maju ke depan untuk dipakaikan mahkota.

Tidak hanya mendapatkan penghargaan, wisudawan hafidzah ini pun mendapatkan hadiah berupa uang tunai dari bank mitra (Bank Muamalat, BPR Metro Madani, dan Bank Syariah Indonesia) kerja sama UM Metro dengan total hadiah sebanyak Rp 15.000.000.

Hasil wawancara di lapangan, salah satu hafidzah memberikan tips kepada mahasiswa yang ingin mengikuti jejaknya.

“Jangan berpikir hafalan itu sulit. Bukan dilihat dari bisa atau tidaknya tapi mau atau tidak. Niatkan semua karena Allah SWT. Insyaallah semuanya akan dipermudah,” ujar Iis.

Terakhir, Rektor menyampaikan ucapan terima kasih telah mempercayai UM Metro untuk menempuh Pendidikan formal di perguruan tinggi.

“terima kasih kepada orang tua yang telah memberikan kepercayaan kepada UM Metro. Semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat. Mohon maaf jika ada pelayanan UM Metro yang masih kurang. Terima kasih kepada mahasiswa atas pemahamannya terkait pelaksanaan wisuda yang dilaksanakan secara sederhana. Terima kasih kepada senat yang senantiasa mendampingi, terima kasih kepada seluruh panitia atas kekompakan dan kebersamaannya sehingga acara bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button