NEWS

Himadikmi PTS Terbaik se-Sumatera, UM Metro Gelar Sosialisasi Menuju Rakernas IMAPESI 2021

close
banner iklan melayang

RADARMETRO.ID – Berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (MUNAS) IMAPESI (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia) yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya 25-27 Juni 2021, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI) FKIP Universitas Muhammadiyah Metro ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan “Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IMAPESI” yang didalamnya akan membahas program kerja dengan berbagai aspek yang mendukung pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

Untuk itu, Himadikmi menyelenggarakan acara Sosialisasi Menuju RAKERNAS 2021. Guna untuk menyampaikan rencana pelaksanaan RAKERNAS kepada seluruh peserta. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 24 September 2021 pukul 09.00 s/d 11.15 WIB yang dilakukan secara daring dengan menggunakan zoom meeting.

Sosialisasi Menuju RAKERNAS 2021 dihadiri beberapa perwakilan mahasiswa prodi pendidikan ekonomi seluruh Indonesia seperti: Universitas Lampung, Universitas Riau, Universitas PGRI Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Halu Oleo, Universitas Siliwangi, Universitas Jember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Universitas Lambung Mangkurat, dll dengan jumlah peserta 60an mahasiswa.

Wira Aditya dari Universitas Jambi selaku Ketua Umum IMAPESI periode 2021-2023 menyampaikan, terima kasih kepada seluruh panitia dari tuan rumah yaitu HIMADIKMI telah bersusah payang merencanakan kegiatan RAKERNAS. “Harapannya dengan kegiatan ini kita semua anggota IMAPESI bisa bangkit kembali tetap bersemangat untuk memajukan Indonesia walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ajib Pengurus Himadikmi selaku ketua panitia menyampaikan presentasi rencana pelaksanaan RAKERNAS IMAPESI. “Maksud dan tujuan RAKERNAS IMAPESI diantaranya: Menghasilkan program kerja IMAPESI yang kreatif guna mendorong generasi IMAPESI berintegritas di era pandemi covid 19, Menjalin kerjasama dan memantapkan serta mengintensifkan komunikasi informasi diantara Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia, Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa pendidikan ekonomi dalam mengembangkan pemikiran strategis dan konstruktif demi kepentingan dan kelanjutan pembangunan nasional, Mengembangkan sikap profesionalisme dan kritis mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, khususnya mahasiswa pendidikan ekonomi dalam mewujudkan bangsa yang berintelektual dan profesional serta berkarakter, terutama dalam bidang pendidikan dan profesi keguruan,” ucapnya.

Ajib menambahkan bahwa rencana kegiatan RAKERNAS IMAPESI ini dilaksanakan secara Blended yaitu luring dan daring dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Adapun beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi peserta luring diantaranya:
PRA KEGIATAN
1. Peserta dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri dengan menjaga kondisi badan, menghindari kerumunan atau tempat keramaian mulai 14 (empat belas) hari sebelum pelaksanaan kegiatan.
2. Peserta seleksi wajib mengisi Formulir Deklarasi Sehat yang terdapat pada link Google Formulir dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari sebelum mengikuti kegiatan dan paling lambat H-1 sebelum pelaksanaan kegiatan.
3. Peserta wajib swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum berangkat ke lokasi kegiatan atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum berangkat ke lokasi kegiatan dengan hasil negatif/non reaktif yang dilakukan di Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik Kesehatan baik Swasta maupun Pemerintah.
4. Peserta wajib sudah di Vaksin Covid-19 dengan membuktikan sertifikat Vaksin ke-1 dan ke-2.

PADA SAAT KEGIATAN
1. Peserta memakai masker kesehatan 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker), penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan.
2. Tetap menjaga jarak minimal 1 (satu) meter dengan orang lain.
3. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan handsanitizer.
4. Diukur suhu tubuh, peserta yang suhu tubuhnya <37,3 C akan diarahkan ruangan kegiatan dan peserta yang suhu tubuhnya >37,3 C dilakukan pemeriksaan ulang paling banyak 2 (dua) kali dengan jarak waktu pemeriksaan 5 (lima) menit, selama menunggu pengecekan suhu ulang, peserta akan menunggu di tempat yang telah yang ditentukan.

Fajri Arif Wibawa, M.Pd. selaku pembina Himadikmi menyampaikan bahwa, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan seperti yang direncanakan Himadikmi yaitu RAKERNAS IMAPESI tahun 2021 ini harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan. “Mahasiswa harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat bahwa saat ini melakukan berbagai kegiatan sudah harus dengan kebiasaan baru, hal ini untuk memutus persebaran Covid-19,” ujarnya. (Fenny)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close