NEWS

DOSEN FIKOM UM METRO BERIKAN PELATIHAN WEBSITE SMASH DALAM DIGITALISASI BANK SAMPAH

close
banner iklan melayang

Tim Dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UM Metro melaksanakan program pengabdian masyarakat di Kecamatan Rumbia Lampung Tengah. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan didanai oleh LPPM UM Metro melalui hibah OPR Abdimas. Tujuan kegiatan menurut Mustika, S.Kom.,M.Kom selaku ketua pengabdi adalah “untuk memberikan pelatihan kepada pengurus bank sampah dalam mengelola data nasabah yang terus meningkat tiap tahunnya, semula pengelolaan bersifat manual kemudian diubah menjadi digitalisasi melalui aplikasi yang berbasis web dan android. Tim juga memberikan pelatihan kepada nasabah bank sampah bagaimana penggunaan aplikasi smash.id untuk proses pendaftaran nasabah baru dan monitoring saldo nasabah, yang semula menggunakan pencatatan di buku diubah berbasis digital”.

Sebelum dilakukan pelatihan, tim juga menyebarkan kuisioner kepada peserta pelatihan berupa soal pretest, sebelum menjawab pre test, Danang Prabowo, S.Kom.,M.Cs. sebagai anggota dibantu Azzahra Azzahra Fitri Amilina menjelaskan tata cara pengisian soal. Selanjutnya peserta dibagi dua sesi yaitu sesi pelatihan untuk pengurus (admin) Bank Sampah dan Sesi pelatihan bagi nasabah. Pemateri sesi pelatihan bagi pengurus adalah Mujito, S.Kom.,M.Kom dibantu Ni Putu Diah Puspitasari, sedangkan pemateri sesi pelatihan bagi nasabah adalah Mustika, S.Kom.,M.Kom dibantu M. Said Romadhon. Selesai pelatihan peserta diberikan soal post test, tujuannya adalah untuk melihat seberapa besar serapan transfer ilmu dan penguasan IPTEK oleh mitra. Hal ini menjadi parameter keberhasilan program kegiatan yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil olah post test, mitra menyambut baik transformasi digitalisasi Bank Sampah yang diberikan oleh tim. Ibu Rinta Yoga Kurnia Putri sangat berterimakasih atas pelatihan yang diberikan “Kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat karena sesuai dengan kebutuhan bank sampah yang kami kelola, dengan adanya aplikasi yang diberikan membuat bank sampah kami lebih keren karena sudah digitalisasi”

Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala LPPM UM Metro Bapak Dr. Acyani, M.Si dan Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM UM Metro Bapak Riswanto, M.Fis. Dalam sambutannya kepala LPPM Merespon baik kegiatan yang dilakukan, karena misi mulia dari pihak mitra yang menginginkan daerah Kecamatan Rumbia bebas sampah, dan cerdas melihat peluang bisnis dari sampah yang tidak bernilai menjadi peluang usaha yang cukup baik, dan peran dosen dalam pengabdian membantu mentransfer ilmu nya untuk membantu kebutuhan masyarakat.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close