NEWS

DKP3 Fasilitasi Pemasaran Digital Hasil Produksi Pertanian Petani Lewat Agro Ceria

close
banner iklan melayang

RADARMETRO.ID – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro memberikan kemudahan bagi para petani untuk memasarkan hasil produksi pertaniannya. Pemasaran hasil produksi tersebut akan dilakukan melalui sistem digitalisasi Agro Ceria.

“Nanti ada toko tani yang penjualannya secara online. Jadi semua hasil pertanian petani bisa dipasarkan disini. Baik itu beras maupun hasil olahan pertanian lainnya dari kelompok-kelompok tani (Poktan),” terang Kepala DKP3 Kota Metro, Heri Wiratno, Jumat (24/9/2021).

Ia mengatakan, untuk pemasaran secara digitalisasi tersebut dilakukan sesuai dengan harga standar di pasaran. Sehingga dapat meningkatkan omset para petani. “Dengan pola ini diharapkan omset penjualan petani meningkat. Selain itu pola kerjasamanya juga akan terbangun rapi,” ujarnya.

Menurutnya, dengan pemasaran yang dilakukan secara digital tersebut juga diharapkan usaha yang dihasilkan akan menjadi besar. Artinya yang besar semakin besar, yang kecil menjadi besar. “Karena market sekarang ini kan gak mungkin lagi kayak toko dulu. Mau tidak mau, suka tidak suka, kelompok tani atau petani itu ya harus ikut online,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura DKP3 Kota Metro Herman Susilo menambahkan, program digitalisasi pemasaran hasil pertanian tersebut untuk saat ini tengah dipersiapkan. Pihaknya juga tengah mempersiapkan sistem informasi Agro Ceria.

“Agro Ceria ini merupakan sistem informasi untuk pemasaran hasil pertanian. Di sistem ini bisa dilakukan jual beli hasil pertanian. Ini seperti hasil penjualan dari petani sayur, petani jagung, petani padi dan hasil dari KWT (Kelompok Tani Wanita),” tutupnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close