NEWS

Diskusi Hari Lingkungan Hidup, Ipca Smansa Ajak Masyarakat Peduli Kelestarian Alam

close
banner iklan melayang

RADARMETRO.ID – Dengan semangat hari lingkungan hidup dan ulang tahun Kota Metro ke-84 ikatan pelajar cinta alam Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Metro atau yang biasa disebut Ipca Smansa menyelenggarakan diskusi publik dengan tema “Potret Lingkungan Hidup Kota Metro Menuju Kota Metro Hijau”.

Diskusi sendiri diselenggarakan di SMA Negeri 1 Metro, Sabtu (12/06/2021). Dalam zoom meeting yang diadakan ini, Ghraito Arip bertindak selaku moderator dan menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai elemen, diantaranya Arief Radigusman, Dwi Setiawan sebagai salah seorang aktivis lingkungan Kota Metro dan Ahmad Novendra yang merupakan salah satu anggota Mapala Matrix Universitas Muhammadiyah (UM) Metro.

Diskusi di awali dengan pemutaran video oleh Bapak Arief Radigusman, tentang keadaan lingkungan hidup Kota Metro yang sungguh memprihatinkan dan dapat memantik jalannya diskusi lingkungan ini. Perilaku sebagian masyarakat Kota Metro yang masih minim kesadaran tentang bahaya membuang sampah sembarangan di aliran irigasi dapat menambah parah kerusakan lingkungan di Kota Metro dan dapat merusak ekosistem yang ada di dalamnya.

Dalam diskusi, Dwi Setiawan menyampaikan gagasannya mengenai green community, yaitu menghimpun seluruh individu-individu, komunitas, atau kelompok yang peduli terhadap masalah lingkungan dan sosial juga budaya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepekaan, kepedulian, dan peran serta masyarakat.

“Dengan adanya green community dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup di Kota Metro,” ungkapnya.

Ahmad Novendra sebagai anggota Mapala Matrix juga telah berupaya untuk berkolaborasi dengan dinas terkait di berbagai kegiatan, seperti menanam pohon, gerakan bersihkan sampah dan membersihkan sampah di bantaran sungai. Ia dan seluruh anggota serta pengurus Mapala Matrix telah berusaha mengedukasi baik di lingkup kampus maupun masyarakat.

Diakhir diskusi, seluruh narasumber dan pengurus Ipca bersepakat untuk saling berkolaborasi dalam seluruh kegiatan pelestarian lingkungan di Kota Metro, agar kejahatan perusakan lingkungan tidak terjadi di kota ini. Ketua umum Ipca, Samuell Sahat juga berharap bahwa acara ini tidak sekedar berakhir dalam diskusi, namun dalam waktu dekat dapat melakukan aksi yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup Kota Metro.

“Kami semua berharap akan ada perbaikan mendasar pada manajemen sampah yang di motori oleh pemerintah, sehingga masalah kronis sampah, khususnya di Kota Metro, bisa teratasi dengan lebih baik dan menciptakan kota yang bersih dan nyaman,” ungkap Samuell. (GbR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close