NEWS

Dideadline Hingga 28 September, KPU Ingatkan Parpol Segera Lengkapi Berkas Administrasi Anggota

RADARMETRO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mengingatkan sejumlah partai politik (parpol) untuk melengkapi administrasi keanggotaan. Ini menyusul batas perbaikan administrasi keanggotaan parpol yang akan berakhir pada 28 September mendatang.

Demikian disampaikan Ketua Kota Metro Nurris Septa Pratama, melalui Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Tony Wijaya, Jumat (23/9/2022). Ia menjelaskan dalam verifikasi administrasi parpo diketahui terdapat sejumlah parpol yang memenuhi syarat (MS), belum memenuhi syarat (BMS), dan tidak memenuhi syarat (TMS). Karenanya sesuai dengan aturan parpol diberikan waktu untuk melakukan perbaikan.

“Perbaikan administrasi keanggotaan ini dijadwalkan dilakukan mulai 15 hingga 28 September 2022. Karenanya partai politik kami minta agar dapat mempersiapkan sebaik-baiknya perbaikan administrasi keanggotaan yang BMS,” terangnya.

Menurutnya, setelah verifikasi administrasi keanggotaan parpol tahapan selanjutnya dilakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol. Verifikasi faktual tersebut dilakukan bagi parpol yang tidak masuk parliamentary Threshold maupun parpol baru.

“Untuk verifikasi faktual tingkat kabupaten/kota rencananya akan dilakukan mulai 15 Oktober sampai dengan 4 November mendatang. Karenanya bagi parpol agar segera melengkapi berkas yang ditentukan,” tutupnya.

Diketahui, KPU Kota Metro mengakui menerima 14 pengaduan masyarakat. Pengaduan tersebut berupa pencatutan nama ke dalam partai politik (Parpol) secara ilegal.

“Jadi, kemarin itu ada puluhan yang sudah mengadukan ke kita. Rata-rata guru honor yang sedang dalam proses pengajuan pendaftaran diri ke P3K. Karena kan salah satu syaratnya bukan anggota parpol,” terang Ketua KPU kota Metro, Nurris Septa Pratama, Selasa (13/9/2022).

Karenanya ia menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengecekkan terhadap statusnya. Apakah masuk ke dalam parpol ataupun tidak dengan membuka link https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.

“Apabila mereka merasa namanya dicatut bisa langsung berikan tanggapan di link KPU Kota Metro di helpdesk.kpu.go.id/tanggapan. Masyarakat bisa mengklarifikasi bahwa namanya telah dicatut dan merasa tidak pernah masuk parpol,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button