NEWS

Di Metro Anak Usia 12-17 Tahun Sudah Bisa Vaksin Covid-19

close
banner iklan melayang

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro memastikan anak-anak sudah bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19. Itu menyusul dicanangkannya vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 12-17 tahun oleh Walikota Metro Wahdi di Pukesmas Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Jumat (23/07/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Metro Wahdi mengatakan, program vaksinasi untuk anak-anak usia 12 sampai 17 tahun merupakan hasil dari arahan Presiden RI Joko Widodo, Menko Maritim RI, Menteri Kesehatan RI dan segenap Pemerintah Pusat. Vaksinasi ini di lakukan bertepatan dengan Hari Anak Nasional.

“Hari ini kita pencanangan vaksin Covid-19 untuk anak-anak dan akan berlanjut sampai selesai. Ada 50 anak yang berusia 12-17 tahun yang divaksin. Mereka merupakan siswa tingkat SMP dan SMA,” terang Wahdi usai melakukan pencanangan vaksinasi Covid-19 pada anak.

Ia berharap anak-anak yang telah divaksin tersebut dapat menginformasikan kepada kawan-kawannya agar semua dapat mengikuti vaksin tersebut. Sehingga semua sehat dan tidak tertular Covid-19.

“Tujuan vaksinasi ini adalah untuk memutus penularan antara orang dewasa dan anak-anak, selain dengan protokol kesehatan yang ketat tetap. Kegiatan ini juga perlu dilakukan percepatan pada dewasa dan anak, terutama pada anak remaja dengan mobilitas tinggi. Karena sasaran ini menurunkan kasus positif dan menurunkan angka kematian Covid-19 pada anak,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam laporannya
Kadis Kesehatan Kota Metro, Erla Andrianti, menyampaikan berdasarkan data yang kutip dari website resmi covid19.go.id, kasus positif Covid-19 pada anak Indonesia umur 1-5 tahun mencapai 2,9%. Selanjutnya, pada usia sekolah atau remaja umur 6-18 tahun mencapai 9,7 %. Sedangkan angka kematian pada anak umur 1-5 tahun dan 6-8 tahun mencapai 0,6 persen.

“Anak dapat tertular dan atau menularkan virus corona dari dan ke orang dewasa walau tanpa gejala. Karena itu perlu dilakukan vaksinasi bagi masyarakat rentan serta masyarakat umum lainnya serta anak usia 12-17 tahun. Ini sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang vaksinasi tahap 3,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close