METRONEWS

Dewan Minta Pemkot Tempatkan SDM yang Mumpuni di Kelurahan

close
banner iklan melayang

METRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di kantor kecamatan dan kelurahan. Ini mengingat tahun ini anggaran yang dikucurkan ke kelurahan sangat besar. Sehingga membutuhkan tenaga atau SDM yang profesional dan paham aturan maupun teknologi.

“Kalau ada pegawai di kelurahan yang enggak ngerti komputer, dimutasikan saja. Kita khawatir, pekerjaan nanti tidak tergarap dengan baik dan benar. Apalagi kalau enggak profesional, itu berpotensi terjadi penyelewengan,” ujar Ketua Komisi I DPRD Metro Basuki, Kamis (13/2/2020).

Ia mengatakan, anggaran tahun 2020 yang dikucurkan untuk kelurahan nilainya mencapai Rp 1,5 miliar. Karena itu, tidak sedikit pegawai yang mumpuni untuk mengelola anggaran tersebut. Terlebih sebagian besar anggaran merupakan dana bantuan APBN.

“Harus ada SDM yang mumpuni dan mampu di bidangnya. Karena dana yang dikelola ini kan besar. Jangan sampai karena ketidakmampuan menimbulkan masalah di kemudian hari,” katanya.

Anggota Komisi I DPRD Kota Metro Wasis Riyadi mengakui, jika pengelolaan anggaran di kelurahan sangat lemah. Ini dilihat dari pengalaman saat masih mengelola anggaran ratusan ribu hingga jutaan. Karena kemampuan SDM masih sangat kurang.

“Bahkan ada yang tidak sama sekali mengerti komputer. Itu ada. Apalagi sekarang. Ini miliaran loh anggarannya. Jadi kita minta ada pelatihan dan pendampingan,” beber mantan PNS yang pernah menjabat Lurah dan Camat di Kota Metro.

Karenanya, Komisi I mendukung adanya mutasi dan pelatihan bagi pegawai kelurahan. Sehingga program untuk percepatan pembangunan di masing-masing kelurahan berjalan maksimal. (ria)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Biasakan Copy Paste Bro !!! Gua Tau Lu...
Close
Close