NEWS

Cegah Penyebaran PMK, Ternak di Metro Divaksin Booster

RADARMETRO.ID – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) telah melakukan vaksinasi tahap ketiga atau booster bagi hewan ternak di Bumi Sai Wawai. Ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan.

Demikian disampaikan Kepala DKP3 Kota Metro, Herri Wiratno melalui Kepala Bidang Peternakan, Lina Oktarina, Rabu (10/8/2022). Ia mengatakan, pihaknya telah mendapatkan sebanyak 500 dosis vaksin booster. Vaksinasi tersebut juga telah dilakukan pada 4 Agustus 2022 lalu.

“Jadi, vaksinasi tahap III itu dilakukan pada hewan ternak yang belum terjangkit PMK. Lalu untuk Boosternya dilakukan ada hewan yang telah menerima vaksin dosis pertama kemarin,” terangnya.

Ia mengaku, sampai saat ini pihaknya masih tengah melakukan vaksinasi booster. Ia menargetkan vaksinasi tersebut akan rampung pada 16 Agustus 2022 mendatang.

“Jadi, untuk data sementara hingga tanggal 8 Agustus kemarin kita telah melakukan vaksinasi pada 311 hewan ternak di seluruh kelurahan. Rinciannya 192 dosis untuk vaksinasi PMK tahap III dan 119 untuk boosternya,” bebernya.

Diketahui, hingga kini di Kota Metro hewan ternak yang terjangkit PMK sebanyak 183 ekor. Dari jumlah tersebut 164 ekor dinyatakan sembuh dan 19 ekor dipotong paksa. Sementara untuk hewan sudah divaksinasi sebanyak 1.200 hewan ternak.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button