NEWS

6.415 Pekerja di Kota Metro Bakal Terima BSU

RADARMETRO.ID – Sebanyak 6.415 pekerja di Kota Metro bakal menerima bantuan subsidi upah (BSU). Bantuan diberikan bagi pekerja yang terdaftar pada BPJS ketenagakerjaan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro, Komarudin, Jumat (23/9/2022). Ia menjelaskan, BSU diberikan bagi pekerja yang terdaftar dan aktif membayar terhitung hingga Juni 2022. Untuk di Kota Metro, katanya, terdapat sebanyak 6.415 pekerja yang terdaftar.

“Syaratnya sampai bulan Juni sudah membayar (BPJS Ketenagakerjaan). Untuk Kota Metro ada sebanyak 6.415, insya Allah semua dapat,” terangnya.

Ia mengatakan, BSU tersebut diberikan berdasarkan Permenakertrans Rl Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi GajiUpah bagi Pekerja/Buruh. Tujuannya untuk mempertahankan daya beli pekerja atau buruh sebagai akibat kenaikan harga.

“Sasaran penerima BSU adalah pekerja atau buruh yang aktif pada BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022. Kemudian gaji atau upah paling banyak Rp.3,5 juta/bulan (sesuai gaji upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan sebagai dasar penetapan besaran iuran kepesertaan,” paparnya.

Tidak hanya itu, katanya, prioritas Penerima BSU adalah pekerja atau buruh yang belum menerima program Kartu Prakerja dan Program Keluarga Harapan (PKH) atau Program Bantuan Produktif Usaha Mikro. Selanjutnya,
daftar calon penerima dilakukan berdasarkan data calon yang telah diverifikasi dan validasi oleh BPJS Ketenagakerjaan, kemudian disampaikan kepada Menteri Kelenagakerjaan.

“Untuk besaran BSU yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp.600 ribu. Kemudian pembayaran sekaligus melalui pinbuk atau transfer ke rekening penerima,” tutupnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button