NEWS

Wujudkan Kota Literasi, Pemkot Metro Sematkan Nama Pohon di Taman Merdeka

RADARMETRO.ID – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mewujudkan Kota Literasi terus digallakkan. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemkot menggandeng komunitas untuk memberikan label nama pohon di Taman Merdeka Bumi Sai Wawai.

Dikonfirmasi awak media, Kepala DLH Kota Metro, Irianto menjelaskan, pemasangan nama pohon tersebut dilakukan untuk mewujudkan Kota Metro sebagai Kota Literasi. Dalam hal ini kegiatan dilakukan dengan melaksanakan Literasi Lingkungan.

“Nah, dengan kita berikan nama seperti ini secara tidak langsung para pengunjung dapat melihat dan membaca nama dari pohon ini. Karena kan kalau membaca di buku kebanyakan masyarakat enggan. Jadi dengan pasang nama ini masyarakat sembari berekreasi di Taman dapat juga membaca nama pohon itu, dan menjadi tahu namanya,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut diinisiasi oleh GemBi (Generasi Baru Indonesia) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Metro. Selanjutnya, pemkot memfasilitasi untuk melaksanakan Gerakan Peduli Literasi. “Iya, jadi gerakan ini inisiasi dari para mahasiswa. Mereka yang ikut peduli terhadap literasi Kota Metro, kita rangkul dan dukung,” ujarnya.

Sementara, Ketua Umum GemBi Komisariat IAIN Kota Metro, Irsyad Fauzi menjelaskan, dalam kegiatan tersebut ada sebanyak 140 pohon di Taman Merdeka yang diberikan label nama. “Jadi tadi kita lakukan pemberian nama pohonnya dan juga nama latinnya. Kurang lebih di taman ini ada 24 spesies (jenis) pohon,” singkatnya.

Ia berharap, dengan dilakukannya penamaan pada pohon ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Metro. Khususnya untuk mengetahui nama-nama pohon yang ada di Taman Merdeka.

“Harapan kita masyarakat dapat membacanya. Sehingga masyarakat kita dari yang tidak tahu menjadi tahu jenis pohonnya dan manfaatnya,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button