NEWS

Waspada PMK Jelang Idul Adha, DKP3 akan Kumpulkan Pengurus Masjid

RADARMETRO.ID – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (PMK) Kota Metro akan mengumpulkan pengurus masjid untuk mewaspadai Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Ini untuk mengantisipasi adanya sapi kurban yang terpapar PMK menjelang Idul Adha.

“Idul Adha nanti, kami akan mengumpulkan pengurus masjid untuk menyosialisasikan terkait penyakit ini. Sehingga mereka mengetahui ciri-ciri dari PMK, dan bisa mengantisipasinya. Apalagi jika hewan kurbannya dikirim dari luar Metro,” terang Kepala DKP3 Kota Metro, Heri Wiratno, Selasa (14/6/2022).

Menurutnya, munculnya PMK memberikan dampak besar bagi peternak. Terlebih secara ekonomi hewan yang terkena penyakit ini harganya akan jauh merosot.

“Tentu ini kan merugikan peternak. Maka itu, kami tetap mengimbau peternak di Metro untuk antisipasi penyakit ini. Terlebih menjelang Idul Adha nanti,” katanya.

Meski demikian, lanjut Heri, sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya PMK yang menyerang hewan ternak di Metro. Karenanya pihaknya akan mengumpulkan seluruh pengurus masjid untuk melakukan pelatihan.

“Jadi nanti semua pengurus masjid akan kita kumpulkan. Untuk Idul Adha nanti semuanya juga akan dicek dan turun ke lapangan. Termasuk untuk peredaran ternak juga akan dicek,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button