NEWS

Waspada Penyebaran PMK, DPRD Metro Dorong Percepatan Vaksinasi

RADARMETRO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro mendorong pemerintah setempat melakukan percepatan vaksinasi pada hewan ternak. Ini sebagai antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Seperti kita tahu Metro Selatan sudah menjadi Zona Merah PMK. Jadi pemkot melalui dinas terkait harus gerak cepat untuk mendorong percepatan vaksinasi,” ujar Anggota Komisi I DPRD Kota Metro, M. Fermanto, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, selain percepatan vaksinasi antisipasi juga perlu dilakukan dengan meningkatkan pengawasan hewan ternak. Ini terutama hewan yang keluar dan masuk dari wilayah Kecamatan Metro Selatan.

“Pengawasan hewan ternak harus lebih ditingkatkan terutama di daerah yang sudah terpapar. Sehingga wabah virus ini tidak semakin meluas ke daerah dan hewan lainnya,” ujarnya.

Diakuinya, upaya antisipasi perlu dilakukan agar penyakit tersebut tidak menyebar ke hewan lainnya. Karena ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat khususnya bagi para peternak.

“Karena jika tidak diantisipasi akan cukup membahayakan bagi peternak lainnya. Apalagi menjelang Idul Adha ini biasanya peternak akan memperoleh untung besar. Kalau ada PMK dikhawatirkan justru akan berdampak besar dan merugikan peternak,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button