NEWS

Waspada Penyakit Mulut dan Kuku, Peternak di Metro Beri Gizi Tambahan

RADARMETRO.ID – Merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) di sejumlah daerah mulai diantisipasi para peternak. Langkah tersebut dilakukan dengan memberi gizi tambahan bagi hewan ternak.

“Sejak saya mulai beternak sapi ini belum pernah kena penyakit yang namanya mulut kuku. Kalau demam iya, cuma kalau sampai timbul luka pada bagian mulut dan kuku itu belum pernah. Mudah-mudahan tidak sampai sini (Metro),” ujar Kuswahyudi, salah satu peternak sapi di Metro Selatan, Selasa (17/5/2022).

Menurutnya, untuk mengantisipasi adanya penyakit mulut kuku tersebut ia rajin memberikan gizi tambahan. Selain itu juga antisipasi dilakukan dengan rutin membersihkan kandang dan menambah gizi hewan ternak.

“Memang kita rutin beri konsentrat karena untuk penggemukan. Tapi dengan adanya penyakit ini kita lebihkan sedikit supaya ternak lebih sehat lagi dan daya tahan tubuhnya lebih tinggi. Kebetulan kita juga enggak terima sapi di luar, kita modelnya perkawinan,” paparnya.

Ia mengaku, telah mendapat informasi mengenai adanya penyakit mulut kuku dari penyuluh dan media massa. Ia berharap, hewan ternak di Metro tidak sampai tertular penyakit mulut kuku. Sehingga peternak tak merugi karena tak lama lagi akan ada Idul Adha.

“Ya kalau harapan kita itu, jangan sampai masuk sini. Ya nanti bisa saja gara-gara itu harga jadi pengaruh. Apalagi sebentar lagi Idul Adha,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button