NEWS

Waspada DBD Mengancam, Dinkes Metro Temukan 58 Kasus

RADARMETRO.ID – Naiknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bumi Sai Wawai menjadi perhatian serius pemerintah setempat. Pasalnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mencatat telah menemukan sebanyak 58 kasus. Jumlah ini meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Bulan kemarin 58 kasus. Kita sudah membuat surat ke puskesmas untuk mengaktifkan penyuluhan dan woro-woro ke masyarakat,” terang Kepala Dinkes Kota Metro, drg. Erla Andrianti, Jumat (3/12/2021).

Ia mengatakan, pihaknya telah meminta Puskesmas untuk mengaktifkan kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Koordinasi juga dilakukan di lintas sektoral seperti kelurahan dan kecamatan untuk mengaktifkan Pokjanal DBD.

“Saya juga minta Puskesmas agar kader Jumantik aktif keliling ke rumah-rumah. Ini terutama untuk memantau jentik nyamuk di rumah-rumah warga,” katanya.

Ia mengakui jumlah DBD tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Bila tahun ini Dinkes telah menemukan 58 kasus, tahun lalu hanya ditemukan sebanyak 25 kasus. “Iya jumlahnya naik dari tahun lalu. Ada sekitar 25 kasus tahun lalu,” ungkapnya.

Karenanya, tambahnya, kewaspadaan masyarakat juga harus ditingkatkan. Ini terutama dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Jadi PSN perlu dilakukan kepada semua warga di rumahnya masing-masing. Tempat-tempat yang berpotensi jadi sarang nyamuk harus dibersihkan. Ini seperti genangan-genangan air, menutup, menguras dan membersihkan tempat penampungan air,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button