NEWS

Waspada Cuaca Ekstrim, BPBD Catat 37 Rumah Warga Rusak Diterjang Angin Kencang

RADARMETRO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro mengimbau masyarakat waspada terhadap perubahan cuaca saat ini. Pasalnya, BPBD mencatat sebanyak 37 rumah warga rusak diterjang angin kencang beberapa hari lalu.

Dari jumlah tersebut satu diantaranya mengalami kerusakan yang cukup parah hingga menyebabkan atap rumah warga tersebut roboh. Tak hanya itu, sebagian tembok rumah juga turut roboh. Kondisi ini dialami kediaman Superman (55) warga Margodadi, Metro Selatan. Kondisi rumah mengalami kerusakan hingga mencapai kurang lebih 70 persen.

Kepala BPBD Kota Metro, Firdaus, melalui Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD, Hendri, menjelaskan berdasarkan data BPBD ada 37 rumah warga yang diterjang bencana tersebut. Dari jumlah tersebut satu diantaranya mengalami rusak parah.

“Dari 37 rumah yang menjadi korban ini, rata-rata mengalami kerusakan ringan. Hanya satu rumah yang mengalami rusak parah yakni rumah Pak Superman,” terangnya, Senin (10/1/2022).

Menurutnya, untuk bantuan para korban bencana angin kencang tersebut masih dalam pendataan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial mengenai pemberian bantuan tersebut.

“Untuk bantuan ada, saat ini sedang dikordinasikan dengan Dinas Sosial. Insyaallah hari ini diberikan, rencana Pak Wali yang mau menyerahkan bantuan tersebut,” ungkapnya.

Diketahui, akibat terjangan angin kencang tersebut sebanyak 37 rumah mengalami kerusakaan. Dari jauh tersebut rata-rata rumah mengalami kerusakan dan kehilangan genting atau atap rumah. Rata-rata rumah mengalami kerusakan genting mulai dari 20 hingga 450 buah. Selain genting warga juga mengalami kerusakan atap asbes.

Tidak hanya genting rumah warga, angin kencang tersebut juga menumbangkan beberapa pohon. Dari kejadian tersebut warga setempat melakukan gotong royong untuk membantu para korban. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button