NEWS

Waspada Covid-19 Varian Baru, Warga Diimbau Jaga Prokes

RADARMETRO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mengaku belum menemukan adanya varian baru Covid-19 masuk di Bumi Sai Wawai. Meski demikian masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan (Prokes).

“Belum, untuk di Metro kita belum temukan. Tapi warga tetap harus jaga prokes,” terang Kepala Dinkes Kota Metro, drg. Erla Andrianti, Kamis (2/12/2021).

Ia mengatakan, langkah antisipasi penting dilakukan untuk menjaga masuknya Covid-19 varian baru tersebut. Warga juga diimbau untuk tidak lengah dan melaksanakan 5M. “Jangan lupa Prokes dengan 5M, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas,” imbaunya.

Senada disampaikan Wakil Direktur RSUAY Kota Metro dr.Fitri Agustina. Menurutnya, untuk di rumah sakit saat ini belum ada pasien yang terinfeksi Covid-19. “Kalau sekarang belum. Tidak ada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit (RSUAY, red),” katanya.

Sebelumnya, Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengatakan, untuk meminimalisir lonjakan kasus Covid-19 khususnya gelombang ketiga, pihaknya meminta masyarakat serta ASN untuk mematuhi prokes. Khusus untuk ASN, kata dia, nantinya akan ada aturan yang melarang ASN ke luar kota pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Untuk menekan penularan Covid-19 pemerintah saja tidak akan mampu jika masyarakat tidak mendukung dan mengikuti aturan. Jadi perlu kekompakan antara masyarakat agar penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Serta mengurangi mobilitas ke luar daerah terutama nanti saat perayaan Nataru,” tukasnya.

Diketahui, varian baru Covid-19 jenis Omicron ditemukan di Afrika Selatan. Meski demikian pasien yang dinyatakan terpapar virus ini hanya mengalami gejala ringan dan bisa dirawat jalan di rumah. Gejala yang ditimbulkan dari varian ini diantaranya merasa sangat capek satu atau dua hari, sakit kepala, badan terasa sakit dan tenggorokan serak. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button