NEWS

Waspada Bencana Alam, Disperkim Diminta Pantau Pohon Penghijauan

RADARMETRO.ID – Memasuki perubahan cuaca saat ini mulai disikapi Pemerintah Kota Metro. Pasalnya, Dinas Permukiman dan Kawasan Perumahan (Disperkim) diminta untuk waspada memantau pohon penghijauan.

“Jika ada pohon yang berpotensi tumbang, segera lakukan penebangan. Segera lakukan pembersihan saluran air dan aliran sungai, agar tidak terjadi bencana banjir di musim pancaroba seperti saat ini,” ujar Walikota Metro Wahdi saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual bertempat di Guest House, Senin (6/12/2021).

Ia mengatakan, evaluasi dan pemantauan harus rutin dilakukan di lingkungan masyarakat. Selain itu juga pada lokasi ruang terbuka hijau (RTH). “Untuk mengantisipasi bencana alam dimohon kepada instansi terkait, untuk melakukan evaluasi di beberapa titik ruang terbuka hijau,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wahdi juga menginstruksi kepada ASN untuk mematuhi instruksi dari Gubernur Lampung. Ini seperti tidak melakukan perjalanan dinas keluar kota maupun liburan pada Natal dan tahun baru.

“Setiap OPD agar tetap melakukan absensi kepada pegawainya, agar pegawai tetap disiplin mengerjakan tugasnya. Sementara terkait vaksinasi tetap dilanjutkan untuk mewujudkan herd immunity di Kota Metro,” paparnya.

Senada disampaikan Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman. Ia menegaskan dari aspek keamanan kondisi natal dan tahun baru, perlu adanya pengamanan kota. “Kita perlu adanya antisipasi di beberapa RT dan RW yang akan terjadi di Bulan Desember. Terlebih musim pancaroba. Kita juga perlu segera cari solusinya sedini mungkin untuk mengatasi hal-hal tersebut,” ujarnya.

Qomaru juga berpesan kepada lurah agar melihat kegiatan dan kondisi masyarakat. Menurutnya, jika ada kegiatan yang perlu dicanangkan disegerakan.”Saya lihat ada beberapa tempat masih ada hama tikus. Dan berdasarkan laporan sudah diupayakan untuk membasminya, untuk meminimalisir terjadinya gagal panen. Untuk itu, saya mohon kepada Dinas Ketahanan Pangan Kota Metro dapat berkolaborasi dengan kelompok tani, agar menekankan serangan hama di masa tanam ini,” ungkapnya.

Qomaru juga meminta kepada Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja, untuk bekerja sama dengan Polres Metro terkait mengatur mobilitas masyarakat di masa Natal dan tahun baru ini. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button