NEWS

Walikota Metro Lepas Atlet ASSI Lampung Ikuti FORNAS VI di Palembang

RADARMETRO.ID – Street soccer Lampung terjunkan atlet terbaiknya dalam ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI tahun 2022. Kejuaraan akan berlangsung pada, 1 Juli hingga 7 Juli 2022 di Palembang, Sumatera Selatan.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, secara langsung melepas pemberangkatan sebanyak delapan atlet street soccer di bawah naungan Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI) Lampung, di Rumah Dinas Walikota Metro, Kamis (30/6/2022).

Orang nomer satu di Kota Metro itu menyampaikan rasa bangga perjuangan atlet street soccer mewakili Provinsi Lampung dalam kejuaraan tingkat nasional. Ia menguatkan mereka dengan semangat, menjaga kekompakan, dan tidak lupa berdoa agar diberikan kelancaran dalam pertandingan.

“Atlet street soccer ini dalam rangka mengikuti kegiatan kompetisi nasional di Palembang, Atlet ini mewakili tentunya provinsi Lampung juga,” ujarnya kepada radrmetro.id.

Wahdi juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Metro akan selalu support dalam hal pengembangan segala bentuk potensi pemuda di Kota Metro. Dengan harapan, support pemerintah bisa menyalurkan mintat dan bakat yang berujung prestasi demi prestasi nantinya.

“Pemkot Metro paling tidak, bisa berpartisipasi lah, selalu saya sampaikan kalau sudah bicara anak muda, bicara atlet, kita tidak boleh abai. Dengan cara itu lah prestasi, dan keinginan mereka tersalurkan jangan sampai macet itu enggak boleh,” bebernya.

Selain itu, Wahdi juga memberikan sinyal baik kepada ASSI Lampung yang akan mendirikan pusat olahraga street soccer di Kota Metro. Terlebih-lebih olahraga satu ini masih tergolong baru di kalangan masyarakat.

“Tentu kita akan pikirkan kedepannya lagi, seperti beberapa atlet yang lain, Kota Metro akan selalu memperhatikan dengan segala kemampuan yang ada, setitik ora popo seng penting berbagi, jangan pernah menghindar dari hal-hal itu,” ungkapnya.

Wahdi meras penting dalam pembangunan sumberdaya manusia diawali dari pemuda di Kota Metro. Semangat berjuang patut diapresiasi oleh pemerintah, bukan hanya bagi mereka yang berhasil mendapatkan juara saja. Ia mengangkat juara itu bonus dari kerja keras dan juga support dari semua lapisan masyarakat.

“Bagaimanapun juga juara penting, itu tadi berharap tetap juara, kalau enggak juara kita pun melihat semangat mereka juga,” pungkas Wahdi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun radarmetro.id, olahraga street soccer alias sepakbola jalanan memiliki kesamaan dengan olahraga futsal pada umumnya. Hanya saja jumlah pemain street soccer lebih sedikit, yakni 4 orang dalam satu team. Selain itu, waktu dalam satu pertandingan yang dibagi menjadi dua babak sedikit lebih cepat, yakni 2×7 menit.

Yang unik dari olahraga satu ini, di sekeliling lapangan terdapat dinding yang bisa digunakan pemain untuk passing. Jadi, olahraga ini hampir tidak ada bola keluar lapangan layaknya olahraga bola lainnya.

Aris Iskandar Muda, Ketua Umum ASSI Lampung mengakui, bahwasanya olahraga street soccer di Provinsi Lampung masih tergolong baru di kalangan pemuda dan masyarakat. Ia mengatakan, awal kali pembentukan tahun 2019, dan berhasil merengkuh Juara 3 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) cabang olahraga street soccer di Bali.

“Di Metro baru sekali, di Lampung saja terbentuknya sekitar 3 tahun yang lalu. Pertama kita terbentuk di Lampung, kita langsung ngirim Kejurnas di Denpasar, Bali waktu itu, kita Juara 3,” ujarnya kepada radarmetro.id.

Street soccer Lampung di bawah naungan ASSI Lampung pernah mengalami fakum dalam mengikuti kejuaraan lantaran Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Sehingga waktu yang ada disiapkan untuk persiapan atlet. Di FORNAS ke-VI Sumatera Selatan ini, para atlet akan bertarung merebutkan juara, sehingga dapat mewakili Indonesia ke ajang tingkat dunia.

“Kita target Juara 1, karena dulu kita Lampung pertama kali ikut saja sudah Juara 3, itu tiga tahun yang lalu saat belum terlalu mengenal kan. Kalau sekarang ini sudah maksimal, ada latihan, dan seleksi juga,” bebernya.

Aris menyebutkan, dari delapan atlet street soccer yang ia bawa di kejuaraan kali ini, merupakan perwakilan dari masing-masing Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Lampung. Namun, ia masih memiliki targetan untuk mengembangkan di beberap daerah yang belum mengetahui olahraga satu ini.

“Komposisi ini macam-macam asalnya ya dari Kabupaten se-Lampung. Dari Kota Metro sendiri ada 4 orang, tapi ada beberapa Kabupaten yang enggak hadir saat seleksi, karena mereka mungkin agak asing ya, dan itu PR kita sebagai pengurus,” katanya.

Lebih lanjut, kata Aris, seleksi street soccer sebelumnya digelar oleh ASSI Lampung di Kota Metro. Sebanyak kurang lebih 50 peserta ikut dalam seleksi tersebut, namun hanya delapan atlet yang bisa mengikuti FORNAS VI 2022 di Sumatera Selatan.

“Seminggu yang lalau melaksanakan menyeleksi atlet street soccer yang akan dikirim di kejuaraan di Palembang. Seleksinya dilaksanakan di Kota Metro, didampingi Bung Johan Wahyudi selaku pelatih akademi sekolah SMP Kartika,” bebernya.

Berdasarkan data yang dihimpun radarmetro.id berikut ini delapan daftar nama atlet street soccer Lampung yang mengikuti Fornas ke-VI 2021 Palembang, Sumatera Selatan. Dua diantaranya masih berusia 16 tahun yakni, Wahyu Setiawan, dan Feerga Gilang Aditya.

Selanjutnya, Arif Syafi’i Dwi Laksono, I Gede Yasa, Satrio Ardy Anggoro, Eky Purnawan, Ananda Eka Rahma, M Choirul Anan, yang diketahui keseluruhan masih berusia 17 tahun.

“Mereka anak-anak SMA, nantinya mengikuti kategori remaja,” pungkas Aris.

Pelepasan atlet street soccer Lampung oleh Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, di Rumah Dinas Walikota Metro turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Metro Tri Hendriyanto.

Selain itu juga hadir pengurus Askot PSSI Kota Metro, Pengurus Pesikomet, dan Ketua ASSI Lampung Aris Iskandar Muda didampingi pelatih serta official street soccer Lampung.

Dikutip dari beberapa sumber terpercaya, FORNAS ke-VI sendiri akan diikuti 55 Induk Olahraga Nasional dan 12 cabang olahraga rekreasi masyarakat yang akan dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 1 Juli hingga 7 Juli 2022 mendatang. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button