NEWS

Walikota : Kelurahan Harus Kreatif Ciptakan Potensi Bidang Pertanian

RADARMETRO.ID – Walikota mengimbau setiap kelurahan mampu memunculkan potensi yang dimiliki. Salah satunya di bidang pertanian dan peternakan di Bumi Sai Wawai.

Demikian disampaikan Walikota Metro Wahdi usai melantik kepengurusan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Metro, Kamis (3/1/2022). Menurutnya, setiap wilayah kelurahan hendaknya mampu memunculkan potensi yang dimiliki. Ia mencontohkan sepetrti di Kampung Pengangguran Kelurahan Yosodadi. Selain budidaya buah anggur juga terdapat budidaya susu kampung.

“Nah di Kampung Pengangguran ini kan sudah ada budidaya kambing dengan susunya. Bahkan ini sudah sampai industri. Nah harapan kita begitu, satu kelurahan satu kreatifan,” ujarnya.

Ia mengatakan, kreatifan lokal di bidang pertanian juga sudah dilakukan di Metro melalui program Pasar Tani Agro Ceria. Nah ia berharap program serupa dapat juga dilakukan bersama KTNA.

“Jadi pertanian membangun. Ini sudah dimulai dengan adanya Pasar Tani Agro Ceria, nanti bersama dengan KTNA. Ikan kita punya yang tadi disampaikan abon lele, namun harus ditingkatkan. Tidak hanya proses produksi, tapi bagaimana proses pemasaran,” kata dia.

Wahdi berharap, dengan upaya tersebut tentu dapat meningkatkan pembangunan khususnya di bidang pertanian dan perikanan. Sementara itu, KTNA juga diharapkan dapat bersinergi dengan pembangunan Kota Metro.

“Tantangan buat kita bagaimana Metro mempunyai sentra-sentra pertanian dan perikanan. Sebagaimana kita ketahui bahwa pertanian di Indonesia masih menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. Oleh karena itu, pembangunan pertanian masih menjadi prioritas termasuk di Kota Metro yang menetapkan, pertanian sebagai salah satu sektor unggulan. Untuk itu diperlukan keseriusan mengelola Sumber Daya Alam yang terbatas,” paparnya.

Ia menambahkan, kedepan potensi para petani harus terus digali. Sehingga dapat mengangkat derajat petani lebih baik. “Kedepan petani kita harapkan dapat menjadi pelaku usaha yang berjiwa kewirausahaan dan mandiri,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button