NEWS

TMMD Ke-113 Kodim 0411/KM Sasar Puluhan Kilometer Jalan Rusak Lam-Teng

RADARMETRO.ID – Pembangunan Fisik berupa infrastruktur jalan dan Non Fisik terkait karakter kebangsaan sedang digencarkan Pemerintah Lampung Tengah bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0411/KM. Setidaknya puluhan kilometer jalan Desa akan diperbaiki berkat adanya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Kodim 0411/KM tahun 2022.

Bupati Lampung Tengah, H Musa Ahmad telah meresmikan program TMMD Ke-113 Kodim 0411/KM Tahun 2022 dengan mengangkat tema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI di Kantor Kampung Bina Karya Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (11/5/2022).

Dari data yang dihimpun radarmetro.id TMMD Ke-113 kali ini memiliki dua sasaran utama. Yang pertama terkait Pembangunan Fisik Desa tertinggal, dalam hal ini jalan yang sudah mengalami kerusakan akan di perbaiki kembali teruntuk Desa tertinggal di bawah binaan Kodim 0411/KM.

Diantaranya Pembangunan Fisik Kampung Bina Karya Buana, Telford/Perkerasan Jalan 1.820 M x 2,5 M, Pembuatan Badan Jalan 1.000 M x 6 M, Pembuatan Badan Jalan 900 M x 6 M dan Pembuatan Badan Jalan 330 M x 6 M. Di Kampung Restu Buana sasaran fisik berupa Telford/ Perkerasan Jalan 2.500 M x 2,5 M, Pembuatan Badan Jalan 1.500 M x 6 M dan Pembuatan Gorong-gorong 1 Unit 5 M x 0.5 M x 0,5 M.

Selanjutnya, untuk sasaran yang kedua berupa Pembangunan Non Fisik Kampung Bina Karya Buana, yakni berupa pembinaan dan penguatan karakter kebangsaan masyarakat.

Diantaranya, Sosialisasi Stunting, Sosialisasi Posyandu, Sosialisasi Poswindu, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara dan Penyuluhan Pos Kamling.

Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono mengatakan kegiatan TMMD Ke-113 Tahun 2022 dilaksanakan oleh Kodim 0411/KM dengan Komposisi Pasukan Satuan Tugas yang terdiri dari unsur TNI (AD, AL, AU), POLRI dan Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah dengan manunggal bersama masyarakat yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Program TNI Manunggal Membanggun Desa (TMMD) adalah satu wujud operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu, Lintas sektoral antara TNI, POLRI, Kementerian/Lembaga pemerintah non kementrian dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainya yang dilaksanakan secara terintegritas bersama masyarakat dengan bertujuan mempercepat pelaksanaan pembanggunan daerah demi lebih mensejahterakan masyarakat di daerah sasaran TMMD, serta sebagai upaya mempererat kemanuggalan TNI dengan Rakyat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, oleh Letkol Inf Sihono, program tersebut merupakan gerakn serentak pembangunan desa dengan mengangkat tema TMMD DEDIKASI TERBAIK MEMBANGUN NKRI. Ia berharap hasilnya akan berdampak baik dan memberikan kebermanfaatan bagi semuanya terutama masyarakat yang menjadi sasaran.

“TMMD Ke-113 ini dilaksanakan secara swakelola dari Pemda Lamteng kepada Kodim 0411/KM, meliputi Sasaran Fisik dan Sasaran Non Fisik, pada hari ini juga di wilayah-wilayah lainnya secara serentak memulai kegiatan TMMD Ke-113 TA.2022 dengan Tema “TMMD DEDIKASI TERBAIK MEMBANGUN NKRI”, Semoga apa yang kita rencanakan mendapat barokah dan memberi manfaat bagi kita semua,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lampung Tengah, H Musa Ahmad menyambut baik program TMMD Ke-113 Tahun 2022 dilaksanakan oleh Kodim 0411/KM. Ia mengucapkan terima kasih kepada TNI, khususnya Kodim 0411/KM dan seluruh komponen yang terlibat atas pembangunan yang akan berjalan di salah satu wilayah di bawah kepemimpinannya.

“TMMD ini merupakan kegitan Bhakti TNI yang dilaksanakan sebagai upaya pembanggunan salah satunya untuk memajukan Kabupaten Lamteng. Selama ini TNI dikenal sangat dekat dengan rakyat, menyatu dan melebur dengan rakyat, membangun semangat nasionalisme dan menghidupkan semangat gotong royong, ini adalah salah satu wujud pembinaan teritorial dan merupakan bentuk sinergi di Kabupaten Lamteng ini,” ujarnya selepas peresmian TMMD Ke-113 Kodim 0411/KM di Kampung Bina Karya Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah.

Tak luput kepada masyarakat, Musa Ahmad turut mengibau masyarakat terkait pelaksanaan TMMD Ke-113 juga menjadi momentum sinergis dalam budaya gotong royong untuk mewujudkan Lampung Tengah Berjaya dan Berbudaya.

“Saya mengimbau kepada seluruh elemen yang terlibat pada TMMD Ke-113, untuk kebersamaan, keharmonisan dan sinergitas kita berikan kepada masyarakat secara optimal. Mari kita jadikan momen kegiatan TMMD ini, untuk kesinergian menggugah kesadaran kita bersama agar senantiasa menghidupkan budaya gotong royong, mempererat persaudaraan, merajut kebersamaan dan persatuan serta dapat mewujudkan Kabupaten Lamteng menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Lampung serta mewujudkan Lamteng Berjaya Budaya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan peresmian hadir seluruh Forkopimda Lampung Tengah (Lamteng) diantaranya, Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono, Ketua DPRD Lamteng Sumarsono, Kapolres Lamteng, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya diwakili Kapolsek Rumbia IPTU Haril Rizal, Danyonif 143/TWEJ diwakili Sertu Muhammad Rifki, Dan Lanal Lampung, diwakili Letda Laut Agus Soleh, Dan Lanud PM Bunyamin, diwakili Letda Adam Masyuri, Danyon Zipur 2/SG, diwakili Serka Sudio, Danyon Armed 15/105 Tarik, diwakili Serda Andri Patria, Kasdim 0411/KM Mayor Bagus Setiawan, Dansub POM Metro, Peltu Cpm A Yani, Dandenkesyah 02.04.03 Lampung, diwakili Kapten Ckm Fransiska.

Terlihat juga Asisten Pemkesra Lamteng, Adi Sriyono, Bappeda Lamteng, Rusmadi, Kesbangpol Lamteng, Drs Sugandi, Dinas Bina Marga Lamteng, Gus Mara Jaya, Kadis PMK Lamteng diwakili Eko, Kasat Pol PP Lamteng, I G Suyana, Dinas Kesehatan Lamteng, dr Otnil, Camat Rumbia Lamteng, Al Misan, Kepala Kampung, Restu Buana Gede, Kepala Kampung Bina Karya Buana, I Nengah Retono, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama warga Kampung Bina Karya Buana dan Kampung Restu Buana.

Selain itu, jumlah personel yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-113 diantaranya 11 Personel Yonif 143/TWEJ, 20 Personel Yon Armed 15/105 Tarik, 10 Personel Yon Zipur 2/SG, 2 Personel Den Zibang Lampung, 3 Personel Denkesyah 02.04.03, 4 Personel Lanal Lampung, 10 Personel Brigif 4 Mar/BS, 10 Personel Lanud PM Bunyamin, 10 Personel Polres Lamteng dan 30 Personel Koramil jajaran Kodim 0411/KM serta masyarakat setempat.

Secara simbolis penyerahan alat kerja serta penandatanganan MOU yang ditandatangani oleh Bupati Lampung Tengah H Musa Ahmad dan Komandan Kodim 0411/KM Letkol Inf Sihono. Dilanjutkan melakukan peninjauan terhadap Sasaran TMMD Ke-113 Tahun 2022 yang berupa Pembangunan Fisik dan Non Fisik. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button