NEWS

Tingkatkan Nilai Jual Sayur Organik, Tim Pengabdian UM Metro Buat Inovasi Packaging

RADARMETRO.ID – Tim pengabdian Universitas Muhammadiyah (UM) Metro mengadakan Pelatihan Packaging dan Branding dalam rangka peningkatan nilai jual sayur organik Kelompok Tani Hijau Daun Kelurahan Karangrejo, Metro Utara.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) didanai oleh Skim OPR UM Metro dengan dianggotai  dosen dan mahasiswa.

“Dana kegiatan ini dari Skim OPR UM Metro. Kami diketuai oleh Durotun Nasikah, dengan anggota saya sendiri (Nani Septiana, S.E., M.M.,), Selamet Fuadi, dan dari mahasiwa ada M. Maulana As Sidiq dan Abimanyu Prasetya. Penyampaian materi juga berasal dari Dinas Pertanian Kota Metro bagaimana perawatan dan packaging,” kata Nani.

Sayur organik yang masih sering dihargai sama dengan sayur non organik menjadi salah satu alasan dilakukannya inovasi untuk meningkatkan nilai jual sayur organik yang dibudidayakan Kelompok Tani Hijau Daun tersebut.

“Menurut keterangan dari Pak Sarjono, Ketua Kelompok Tani, sayur organik yang ditanam, oleh tengkulak harganya sama dengan sayur non organik. Padahal menurut kelompk tani, banyak usaha lebih yang diberikan untuk memperoleh sayur organik yang berkualitas. Selain itu, sayur organik ini masa panennya lebih lama,” tambah Nani.

Terakhir, Nani menyatakan pasar modern menjadi sasaran pemasaran sayur organik selanjutnya.

“Kalau berbicara mengenai tindak lanjut ke depannya, kami tim pengabdi berharap sayuran ini bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat, hingga ke pasar modern,” tutup Nani. (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button