NEWS

Tindaklanjuti Pohon Tumbang, Pemkot Segera Lakukan Pemangkasan

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro kembali melakukan evaluasi sejumlah pohon tumbang di Bumi Sai Wawai. Pasalnya, pemkot akan melakukan pemangkasan di sejumlah titik pohon yang rawan tumbang.

“Ini menyegerakan untuk rapat bersama instansi terkait seperti Asisten Pembangunan, Kabag Pembangunan,
Kepala UPTD Perkim, BPPRD, dan DLH. Untuk satu agenda bagaimana mengantisipasi pohon tumbang dan kedua melakukan revitalisasi terhadap pohon-pohon yang sudah tua di Kota Metro,” terang Walikota Metro, Wahdi, dikonfirmasi awak media usai memimpin rapat, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, jika langkah tersebut tidak segera dilakukan maka sebuah kota itu akan rugi besar. Terlebih berapa tahun pohon-pohon yang sudah ada, yang sudah tampak tua ini tidak dipersiapkan revitalisasi. “Artinya sudah mulai ada penanaman-penanaman pohon baru. Ini juga harus melihat berkelanjutan. Membangun, tidak merusak lingkungan dan berkelanjutan,” kata dia.

Wahdi mengatakan, pihaknya juga tengah melakukan kajian dan identifikasi terhadap beberapa pohon tumbang tersebut. “Karena kita tidak bisa menyalahkan alam. Alam itu kan anugrah dari Allah, Allah yang memberikan, tapi mengantisipasi ini penting,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan, kedepan pihaknya juga akan membentuk satu integrasi, kolaborasi, dan emergenci. Ini akan dibentuk hingga tingkat kelurahan sampai yang terkecil. “Jadi membawa bersama masyarakat, menghidupkan kembali nilai-nilai gotong royong. Termasuk juga pemeliharaan jalan dan sebagainya. Dan penting ini saya sampaikan. Karena seperti kemarin juga hujannya tidak terlalu, tapi anginnya kencang pohon sudah tumbang,” jelasnya.

Karenanya, tambah Wahdi, perlu dilakukan pemangkasan. Meski begitu, identifikasi juga perlu dilakukan terlebih dahulu. “Nah dari identifikasi, rupanya pohon-pohon kita memang jenis pohon yang harus dilihat. Maka revitalisasi kedepan membaca pohon apa yang pantas ditanam. Tapi waktu pendek ini antisipasi dulu dengan melakukan deteksi dini dan identifikasi pohon tumbang,” ungkapnya.

Diakuinya, untuk di wilayah Kota Metro sebagian besar merupakan wilayah rawan pohon tumbang. Seperti beberapa waktu lalu pohon tumbang di wilayah persawahan Margodadi dan Margorejo. “Itu rata-rata kan yang tumbang itu di pinggir persawahan. Tapi kenyataannya angin kencang kemarin juga tumbang. Nah dari pohon-pohon tumbang ini pohonnya tua. Tapi rata-rata juga akar tunggang karena adanya pembangunan drainase. Nah kalau kita mulai dari sekarang, artinya dalam waktu 5 sampai 10 tahun lagi pohon-pohon kita sudah baru,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button