NEWS

Tim Wasev Tinjau Langsung TMMD ke-113, Konvoi Motor di Rumbia

RADARMETRO.ID – Selepas melakukan kunjungan di Makodim 0411/KM, Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-113 Kodim 0411/KM Tahun 2022 yang dipimpin Wakil Komandan (Wadan) Pusterad, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap beserta rombongan meninjau langsung proses pekerjaan TMMD ke-113 yang berlokasi di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (2/6/2022).

Tim Wasev Pusterad saat kunjungan turut di dampingi Kapoksahli Pangdam II/Swj, Brigjen TNI M Bayu Hartomo, Kasiter Kasrem 043/Gatam, Kolonel Inf Risa Wilsi, Kabag Bhakti TNI Sdirbinter Pusterad, Letkol Inf Soni Maramis, dan Waaster Kasdam II/Swj, Letkol Inf Erwinsyah.

Sekira pukul 10.00 WIB rombongan yang juga dibersamai Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya, Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono dan anggota TNI bertolak dari Makodim 0411/KM menuju lokasi pertama di Kampung Bina Karya Buana, Kecamatan Rumbia.

Berdasarkan pengikutan radarmetro.id bersama rombongan, perjalanan memakan waktu lebih dari 2 jam. Rombongan tiba di lokasi sekira pukul 12.40 WIB, langsung disambut puluhan siswa-siswi yang membawa bendara merah putih, nampak meriah di Balai Kampung Bina Karya Buana. Selain itu prosesi penyambutan juga terlihat aparatur Kampung, pemangku adat, tokoh agama dan juga masyarakat setempat.

Tim Wasev disuguhkan dengan tarian Sigeh Pengunten sebagai tari-tarian khas adat Lampung saat menyambut tamu oleh siswi SMP Satu Atap Rumbia.

Pada kesempatan itu, Tim Wasev TMMD ke-113 bertatap muka dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh daerah Kampung Bina Karya Buana, dan Kampung Restu Buana, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Ada hal yang unik, konvoi. Tim Wasev yang dipimpin Wadan Mayjen Ilyas Alamsyah Harahap, Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya, Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono, Camat Rumbia, Eri Leonora serta anggota Satgas TMMD ke-113 meninjau lokasi dengan mengendarai roda dua menuju pembangunan yang berada di dua Kampung berbeda.

“Kegiatan kita hari ini, saya selaku Tim Wasev dari TNI Angkatan Darat untuk melihat kegiatan TMMD ke-113 di wilayah Kodim 0411/Kota Metro. Kebetulan tempatnya di Kabupaten Lampung Tengah,” ujar Mayjen Ilyas.

Sasaran fisik TMMD ke-113 Kodim 0411/KM Tahun 2022 ini menurut Wadan Pusterad, Mayjend Ilyas sudah sangat baik, dengan pengerjaan sampai saat ini mencapai 85 persen. Di antaranya pengerjaan telford/ perkerasan jalan, pembuatan jalan baru, pembuatan gorong-gorong, renovasi sekaligus pembuatan sumur bor Mushola Sabilul Muzi, Kampung Restu Buana.

“Sejauh ini hasilnya sudah 85 persen, tinggal beberapa hari sampai tanggal 8 kegiatan TMMD akan ditutup karena memang jangka waktunya 30 hari,” bebernya.

Menanggapi hal tersebut, Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono akan mengerahkan sisa-sisa tenaga untuk percepatan pembangunan yang hanya tinggal beberapa hari.

“Sejauh ini sudah kami kerjakan sebelumnya kita buka di tanggal 11 Mei dan dan nanti akan selesai tanggal 9 Juni. Waktu hari ini sampai nantinya tanggal 8 Juni kita maksimalkan untuk mencapai pengerjaan 100 persen,” ujar Dandim.

Letkol Inf Sihono menerangkan adanya tujuh titik sasaran fisik TMMD ke-113 Kodim 0411/KM Tahun 2022 di Kecamatan Rumbia. Sebanyak empat titik di Kampung Karya Buana dan tiga diantaranya berada di Kampung Bina Karya Buana.

“Sasaran-sasaran fisik di Kampung Restu Buana ada empat titik sasaran, pemasangan telford/ perkerasan jalan sudah mencapai 80 persen, kemudian tiga sasaran lainnya yaitu pembukaan badan jalan dengan jarak dan kelebaran bervariasi rata-rata sudah mencapai 90 persen,” bebernya

“Untuk yang di Kampung Bina Karya Buana ya juga seperti itu, dari tiga sasaran rata-rata semuanya sudah mencapai diatas 80 persen,” tambahnya.

Sementara itu, Letkol Inf Sihono akan menyelesaikan sasaran non fisik besok Jumat (3/6) berupa penyuluhan Pos Keamanan Keliling (Pos Kamling) di kedua kampung terlaksananya TMMD ke-113 dengan menggandeng Polres Lampung Tengah.

“Untuk kegiatan non fisik, yang berupa penyuluhan-penyuluhan, tinggal satu yang belum terlaksana yaitu penyuluhan Pos Kamling. Kami akan lakukan besok pagi,” kata Letkol Inf Sihono.

Dandim turut berharap agar pembangunan badan jalan yang berada di area pesawahan/ ladang dapat memudahkan para petani untuk mengangkut hasil bumi yang menjadi mata pencaharian warga di Kampung tersebut.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya memberikan apresiasi atas program TMMD ke-113 di Kecamatan Rumbia. Dengan adanya program tersebut, salah satunya pembangunan jalan akan memudahkan para petani mengeluarkan hasil panen mereka.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya dengan adanya program TMMD yang dilaksanakan oleh TNI, Polri, tentunya program ini sangat membantu masyarakat kita yang susah untuk mengeluarkan hasil pertanian mereka lantaran akases jalan yang sudah rusak,” kata Ardito Wijaya di dampingi Camat Rumbia, Eri Leonora saat meninjau titik lokasi pembangunan jalan.

Wakil Bupati Lampung Tengah yang akrab di panggil Dito ini menggelontorkan dana dari Pemerintah Daerah setempat berupa material batu untuk pembangunan. Sementara itu, jumlah keseluruhan besaran anggaran belum ia ketahui.

“Kalau anggaran yang dikucurkan oleh Pemerintah Daerah hanya menyediakan materialnya saja, semua tenaga pelaksana berasal dari keluarga besar TNI Polri. Untuk jumlahnya saya belum mengetahui secara tepatnya, tapi hanya menyediakan batu-batu ini untuk 1,8 kilometer dan 2,5 kilometer,” bebernya.

Berdasarkan pantauan radarmetro.id di lokasi ang berada di dua desa Kecamatan Rumbia itu, setelah melakukan peninjauan lokasi pembangunan, Tim Wasev dan rombongan turut berkunjung di rumah warga dalam hal ini selaku penyedia makanan untuk pekerjaan TMMD ke-113.

Selain itu, rombongan turut menghampiri renovasi dan pembangunan sumur bor di Mushola Sabilul Muzi, Kampung Restu Buana.

“Kami mengucapkan terimakasih sekali kepada bapak-bapak TNI dan semuanya lah, dulu mushola ini tidak memiliki sumur bor, tapi sekarang sudah punya sumur bor, jdi lebih memudahkan jamaah. Semoga amal ibadah bapak-bapak semua ini di balas oleh Allah,” ungkapan terimakasih yang dilontarkan, Lamin selaku Takmir mushola tersebut.

Kemudian rombongan meninggalkan lokasi TMMD ke-113 Kodim 0411/KM Tahun 2022 sekira pukul 16.10 WIB. Sementara itu, Satgas TMMD ke-113 tetep melaksanakan tugasnya untuk percepatan pembangunan di Kampung Restu Buana dan Kampung Bina Karya Buana, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah. (Naim)

Show More

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button