NEWS

Tempatkan Petugas Jaga, Pembuang Sampah Sembarangan Akan Ditindak Tegas

RADARMETRO.ID – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan menempatkan petugas jaga di lokasi rawan pembuangan sampah. Itu menyusul banyaknya warga yang bandel yang terekam Closed Circuit Television (CCTV). Pasalnya, warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan siap-siap untuk disanksi tegas.

“Temuan ini akan kita tindaklanjuti. Kita akan jaga lokasi ini. Tapi kita rahasiakan kapan waktunya, karena nanti bisa bocor,” terang Kepala Satpol PP Kota Metro, Imron, Selasa (23/11/2021).

Ia mengatakan, bagi pelanggar tersebut akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Yakni mengacu pada Perda Nomor 1 tahun 2018 tentang pemanfaatan lahan dan pengolahan sampah rumah tangga. Dimana denda tertinggi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan paling besar Rp500 ribu.

“Tahun kemarin kita targetnya sosialisasi dan tahun ini tindakanlah. Jadi nanti akan diwawancarai yang ketahuan membuang sampah sembarangan ini. Dan bagi pelanggar akan dilakukan sidang di tempat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Ia menjelaskan, pelanggar tersebut akan dikenai sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Dimana sesuai dengan Pasal 53 disebutkan bahwa bagi setiap orang atau masyarakat akan dikenakan sanksi administrasi berupa peringatan, pembatasan kegiatan usaha, dan pemberhentian pelayanan umum.

“Selanjutnya setiap orang atau badan yang melanggar sesuai dengan Pasal 53 dikenakan sanksi berupa peringatan dan atau denda paling banyak Rp500 ribu,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button