NEWS

Tak Kunjung Diperbaiki, Pemuda dan Warga Timbun Jalan Pattimura

RADARMETRO.ID – Jalur Dua Jalan Pattimura, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, keadaannya berlubang dan rawan kecelakaan tak kunjung mendapat perhatian pemerintah. Masyarakat layangkan protes kerasnya dengan melakukan penimbunan lubang di sepanjang Jalan Pattimura, Jumat (24/6/2022).

Terlihat sejak pagi hari, beberapa pemuda dari Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), dan warga Banjarsari melakukan penimbunan lubang jalan menggunakan material batu-batuan. Hal itu mereka lakukan sebagai bentuk keprihatinan masyarakat tentang kinerja pemerintah yang terkesan lamban dalam merealisasikan perbaikan infrastruktur jalanan.

“Berawal dari keprihatinan kita tentang kondisi infrastruktur ya khususnya di Metro, banyak warga yang mengeluhkan buruknya kondisi jalan. Jadi secara moral kami sebagai unsur pemuda merasa terpanggil, maka kami berinisiasi menggalang dana dari kawan-kawan, dan kita belikan material untuk pengurukan di beberapa titik jalan yang rusak,” ujar Suwarno (34) saat dikonfirmasi radarmetro.id disela-sela penimbunan lubang di Jalur Dua Jalan Pattimura.

Suwarno yang diketahui selaku Ketua AMM Metro, membeberkan material dibeli dari uang suwadaya hingga sebesar Rp100.000 perorang.

“Ya seberapapun kita terima, ada yang ngasih Rp100 ribu, Rp50 ribu, dan ada yang nyumbang air minum, kue. Jadi semua kita terima,” ungkapnya.

Dengan seperti itu, ia berharap pemerintah secepatnya memperbaiki jalan rusak di Kota Metro.

“Sebaik pemerintah mengambil langkah-langkah taktis lah untuk pembenahan infrastruktur yang langsung dirasakan oleh masyarakat,” bebernya

Suwarno juga akan meneruskan gerakan serupa bersama pemuda dan warga lain yang memiliki kemauan untuk berbuat di Kota Metro. Khususnya menanggapi jalanan rusak yang tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah setempat.

“Ini kan seruan moral, kalau beberapa pihak ingin bergabung ya monggo. Karena ini kan wujud panggilan kita sebagai generasi muda. Karena kemudian melihat kondisi infrastruktur yang rusak, kita prihatin maka kita mesti perbaiki, enggak hanya mengeluh saja nih, kita harus melakukan tindakan nyata,” pungkasnya.

Salah seorang pengguna jalan, Edward (56) merasa terbantu akan usaha penimbunan lubang oleh pemuda dan masyarakat Banjarsari. Sehingga sedikit mempermudah dalam melintasi Jalan Pattimura yang memiliki dua jalur tersebut.

“Sudah cukup terimakasih, adanya pemuda Metro Utara. Mudah-mudahan berkah bagi mereka,” ujarnya.

Ia juga menuturkan sepanjang mereka masih berpartisipasi itu saja sudah cukup, walaupun hanya sebatas menimbun jalan dengan material seadanya. Ia juga menilai bahwa Pemerintah Kota Metro tidak melihat kebutuhan prioritas masyarakat.

“Karena pimpinan aja tidak melihat kebawah, menengok keatas aja. Ya seneb lihatlah, sudah enggak bisa dihitung dengan jari, semua jalan rusak, semoga aja itu bukan dari orangnya yang rusak. Bagus malahan seperti pemuda ini, walaupun seadanya tapi bener-bener ikut membangun,” ungkapnya.

Selain itu, Edward juga menyayangkan keadaan jalan rusak di Kota Metro berlarut-larut tidak segera mendapatkan prioritas penanganan dari pemerintah setempat.

“Masyarakat aja mau langsung terjun ngurusin jalan, masak pemerintah enggak, kan gimana,” tukasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button