NEWS

Sungkeman Online, Keluarga dan Narapidana Lapas IIA Metro

RADARMETRO.ID – Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/ 2022 Masehi dirasakan semua umat Islam di dunia. Tak terkecuali bagi mereka para Narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) IIA Kota Metro. Di masa Pandemi Covid-19, Narapidana saling bermaafan (sungkeman) dengan keluarga tanpa bertemu langsung, melainkan menggunakan cara online melalui sambungan telepon video call (VC), Rabu (4/5/2022).

Pemandangan ramai kunjungan untuk Narapidana Lapas IIA Metro terlihat sejak hari pertama perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, tepatnya 2 Mei 2022. Salah seorang ibu-ibu bernama Punti’in (41) mendatangi tempat tersebut untuk menjenguk anaknya yang sedang menjalani masa tahanan.

“Tadi video call anak, kurang lebih 20 menit lah tadi. Enggak tega lihat anak kayaknya mau nangis terus tadi,” ujarnya

Ia juga mengungkapkan kesedihan yang amat mendalam saat berkomunikasi melalui VC, berharap ada kesempatan untuk bertemu secara langsung.

“Sedih, sedih banget. Maaf-maafan cuman di telpon. Semoga lah yaa nanti cepet bisa di buka kunjungan langsung,” ujarnya kepada radarmetro.id sembari meneteskan air mata kesedihan.

Selanjutnya, Punti’in turut berterimakasih atas fasilitas bagi keluarga Narapidana yang diberikan oleh Lapas IIA Metro secara gratis.

“Alhamdulillah pelayanannya bagus, diarahkan, di fasilitasi handphone juga. Jadi bisa video call gratis, ngirim makanan juga nyampai. Sedikit mengobati lah,” pungkasnya.

Di Lapas IIA Metro, salah seorang Narapidana bernama Reza (26) dapat memahami aturan terkait belum diperbolehkannya kunjungan secara langsung tatap muka dalam kondisi Pandemi Covid-19. Sehingga ia memanfaatkan fasilitas layanan VC saat hari pertama Lebaran untuk menghubungi pihak keluarga.

“Kemarin hari pertama lebaran sudah VC sama keluarga, maaf-maafan. Jadi tau kondisi keluarga yang di rumah. Walaupun belum bisa dijenguk tatap muka, segitupun sudah cukup puas. Kalau di bilang sedih yaaa sangat sedih, tapi gimana lagi, keadaan” ungkapnya.

Lebih lanjut, Reza menerangkan selepas shalat Idul Fitri 1443 Hijriah para Narapidana secara bersamaan berkeinginan menghubungi keluarga. Diketahui fasilitas handphone yang di sediakan Lapas IIA Metro hanya sejumlah 10 unit, sehingga Narapidana seperti Reza harus mengantri terlebih dahulu.

“Iya gratis kemarin, cuman ngantri. Soalnya ramai kemarin hari pertama, semua mau menghubungi keluarga di rumah masing-masing,” tambahnya

Sementara itu, Kalapas IIA Metro, Muchamad Mulyana melalui Kasubag Tata Usaha, Nev Rizon membenarkan adanya antrean Narapidana yang hendak menghubungi selepas shalat Idul Fitri.

“Kemarin karena mereka ingin menghubungi keluarga secara bersamaan. Ada ratusan Narapidana pagi yang antri, tapi kita berikan waktu sampai sore dan selama tiga hari. Jadi semuanya tetap kebagian untuk menghubungi keluarga,” ujarnya.

Keluarga yang menitipkan makanan untuk Narapidana Lapas IIA Metro saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijrah/ 2022 Masehi mencapai 120 orang perhari. Keluarga yang memanfaatkan fasilitas VC sebanyak 20 orang perhari. Sedangkan Narapidana yang menggunakan VC sebanyak 80 orang perhari.

“Kalau di hari pertama sampai 120 pengunjung yang menitipkan makanan untuk Narapidana. Untuk VC kita kan sudah sediakan HP diluar unutk keluarga yang mungkin belum mempunyai HP, kurang 20 orang yang menggunakan. Tapi untuk Narapidana malah sampai 80an orang yang memakai fasilitas dari kita, karena mereka ada juga yang langsung menghubungi nomor telepon keluarga yang dirumah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Lapas IIA Metro meniadakan kunjungan langsung tatap muka untuk Narapidana. Dikarenakan masih dalam keadaan Pandemi Covid-19. Sehingga sebagia pengganti, pihak Lapas IIA Metro memberikan fasilitas layanan penitipan makanan dan juga komunikasi video call. Pelayanan tersebut berlangsung pada tanggal 2-4 Mei 2022, pukul 08.00-15.00 WIB.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button