NEWS

Stop Kekerasan Perempuan dan Anak !!! RPA Metro Adakan Dialog.

RADARMETRO.ID – Rumah Perempuan dan Anak (RPA) Kota Metro adakan Dialog menyoal perempuan dan anak bersama Kapolres Kota Metro, AKBP Yuni Iswandari Yuyun, Anna Morinda, dan Ketua RPA Provinsi Lampung, Eny Puji Lestari. Tiga Srikandi Kota Metro menolak keras akan kekerasan kepada perempuan dan anak, laporkan jika melihat atau menjadi korban kekerasan.

Dialog berlangsung dengan suasana santai, pasalnya berada di salah satu tempat wisata keluarga Kota Metro. Kegiatan dimulai sekira pukul 07.30 WIB di Pasar Tradisional Pak Tejo, jalan Raya Stadion No.83, Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur, Minggu (27/3/2022).

Ketua RPA Provinsi Lampung, Eny Puji Lestari mengungkapkan pemahaman tentang pencegahan, pemberdayaan dan kebijakan hukum sangat diperlukan dalam pembangunan melalui perempuan dan anak di Kota Metro.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah meningkatkan pemahaman tentang pencegahan, pemberdayaan dan kebijakan pemerintah dan penegakan hukum untuk bersama membangun Kota Metro,” ujarnya saat menyampaian Dialog RPA.

Ia berharap kedepannya akan ada sinergi antar instansi yang bertanggung jawab di Kota Metro untuk menjamin korban kekerasan.

“Memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang kekerasan perempuan dan anak dan disini adalah tanggung jawab orang tua dan lingkungan sekitarnya, kedepan kami berharap agar dapat bersinergi setiap Instansi terkait,” tambahnya.

Sedangkan Anna Morinda optimis bahwasanya perempuan secara regenerasi bertanggungjawab tentang kemajuan dari Bangsa dan Negara.

“Perempuan harus mampu menjadi generasi penerus bangsa yang ikut bertanggung jawab memajukan bangsa dan negara ke depan,” ungkapnya.

Anna menambah adanya RPA menjadi episentrum pembangunan berbasis kesetaraan gender dan sebagai wadah perlindungan perempuan dan anak-anak di Kota Metro.

“Dengan adanya RPA ini juga diharapkan menjadi episentrum baru bagi pembangunan yang berbasis kesetaraan gender, serta perlindungan hak perempuan dan anak,” pungkasnya.

Lanjut sebagai narasumber Kapolres Metro, AKBP Yuni Iswandari Yuyun menekankan kepada masyarakat agar berani melaporkan tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak kepada pihak kepolisian.

“Dalam menyikapi tentang perlindungan perempuan dan anak kedepan agar dapat mencapai rasa tentram perempuan dan anak hal utama yang harus dilakukan adalah berani melapor terutama bagi orang tua, masyarakat di Kota Metro jangan takut untuk melapor kepada pihak kepolisian apabila melihat tindak kekerasan kepada perempuan dan anak,” ujarnya.

Kegiatan Dialog menyoal Perempuan dan Anak kali ini dihadiri sebagai moderator Dewi Masitoh, sedangkan narasumber menghadirkan Kapolres Metro, AKBP Yuni Iswandari Yuyun, Ketua RPA Provinsi Lampung, Eny Puji Lestari, dan Ana Morinda,S.E., M.M.

Selanjutnya turut hadir Sekertaris KPPA Metro, Ketua RPA Metro, mahasiswa IAIN Metro dan anggota RPA sejumlah 30 orang.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button