NEWS

Stop Kekerasan Anak, RPA Metro Gencarkan Sosialisasi ke Sekolah

RADARMETRO.ID – Organisasi Rumah Perempuan dan Anak (RPA) Cabang Kota Metro gencarkan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Anak lantaran maraknya upaya kejahatan di Bumi Sai Wawai. RPA Metro turut menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas D3APPKB dan Kepolisian setempat untuk menanggapi persoalan anak di wilayah Kota Metro.

Saat diwawancarai radarmetro.id Ketua RPA Metro, Agnes Jevi Relita mengatakan sosialisasi yang berlangsung di SMPN 1 Kota Metro itu merupakan meminimalisir upaya tindak kejahatan yang mengalami kenaikan akhir-akhir ini Kota Metro, Senin (13/6/2022).

“Sosialisasi ini dimaksudkan untuk merespon maraknya kasus kekerasan terhadap anak beberapa waktu lalu yang sama-sama kita juga tanganin korbannya,” ujarnya.

Ia menilai, sebelum adanya korban kembali, edukasi dini dengan memberikan pemahaman upaya tindak kejahatan harus diberikan kepada anak-anak di lingkungan sekolah.

“Sehingga anak sendiri itulah yang nantinya bisa mendeteksi upaya-upaya tindak kejahatan yang hendak menghampiri mereka,” katanya.

Jevi turut melibatkan pihak Kepolisian dan juga Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengadilan Penduduk Dan Keluarga Berancana (P3APPKB) Kota Metro untuk bersama-sama mengentaskan permasalahan anak untuk Kota Metro yang disebut-sebut Kota Layak Anak.

“Kita tidak bisa sendiri, harus bersama-sama melakukan pencegahan, menciptakan rasa aman dan nyaman bagi tumbuh kembang anak Metro,” ungkapnya.

Ia juga akan mengupayakan kegiatan serupa digelar di setiap jenjang pendidikan se-Kota Metro. Namun, saat ini pihaknya akan melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah yang tersinyalir rawan tindak kejahatan terhadap anak

“Kita upayakan, kedepannya nanti akan ke setiap sekolah, dengan bersinergi dari berbagai unsur, pihak sekolah, Kepolisian dan Dinas terkait untuk sama-sama memberikan edukasi kepada anak-anak di sekolah. Tapi untuk sementara ini, kita sembari jalan di beberapa sekolah dulu,” pungkasnya.

Diketahui dalam kegiatan tersebut, terlihat ratusan siswa-siswi SMPN 1 Metro memiliki antusias sangat tinggi mendengarkan arahan dari RPA, Dinas D3APPKB, dan Kepolisian Kota Metro. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button