NEWS

Stok Darah Tersedia 308 Kantung, PMI Pastikan Cukup 3 Hari

RADARMETRO.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro mengakui ketersediaan darah masih mencukupi kebutuhan selama 3 hari kedepan. Berdasarkan data PMI hingga kini tercatat ada sebanyak 308 kantung darah yang tersedia.

Ketersediaan darah tersebut dinilai cukup memenuhi pasokan darah di musim demam berdarah dangue (DBD) hingga Maret mendatang. Demikian disampaikan Ketua PMI Kota Metro, Silfia Naharani, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya, tingginya angka kasus DBD segera disikapi oleh PMI. Pihaknya juga terus mengejar ketersediaan stok darah di Bumi Sai Wawai. “Tentunya dengan terus mengadakan donor darah di setiap sekolah ini bisa jadi solusi. Terutama bagi pasien yang saat ini sedang melakukan perawatan,” katanya.

Meski demikian ia mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu juga jangan terlambat untuk melapor jika ada tanda-tanda DBD.

“Pesen Pak Wali bantu penekanan DBD. Dengan menggerakkan camat, lurah, RT RW dan masyarakat giat untuk meningkatkan gotong royong. Dengan membersihkan lingkungan serta kewaspadaan dengan gejala demam harus segera melapor atau segera ke puskesmas terdekat. Untuk tenaga kesehatan juga harus lebih cermat lagi dalam memeriksa dan diagnosa,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua PMI Kota Metro, Endah Anikke menjelaskan, dalam sehari kebutuhan darah di Kota Metro antara 60 sampai dengan 70 kolf. “Khusus RSUD Ahmad Yani yang memiliki BDRS (Bank Darah Rumah Sakit). Pihak PMI hanya memenuhi permintaan droping dari RSUD Ahmad Yani sebanyak 2 kali dalam satu minggu,” katanya.

Sementara itu, tambahnya, untuk stok darah yang tersedia saat ini hanya 308 kantung baik golongan darah A, B, AB dan O. “Karena stok ini bisa berubah sewaktu-waktu. Begitu juga jumlah pendonor, jadi insha Alloh aman dalam 3 hari kedepan dan smoga juga masih tetap terpenuhi. Apalagi PMI masih melakukan RoadShow setiap hari nya hingga 31 Januari mendatang,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button