NEWS

Status PPKM Level 1, Pemkot Pastikan Peringati Hari Jadi Metro Tetap dengan Prokes Covid-19

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro memastikan gelaran perayaan Hari Jadi Kota Metro ke-85 akan dilaksanakan dengan mematuhi status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1. Karenanya
Perayaan Hari Jadi tersebut akan digelar dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Demikian sampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Metro, Subehi, Kamis (2/6/2022). Ia mengatakan, penyelenggaraan event Festival Bumi Sai Wawai rencananya akan diselenggarakan di Gedung Sessat Agung Bumi Sai Wawai. Ini dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa saat ini Kota Metro masih dalam kondisi PPKM Level 1 dan status pandemi yang belum dicabut oleh Pemerintah.

“Dengan diselenggarakan di dalam gedung, tentunya akan lebih mudah untuk melakukan pemantauan aktifitas pengunjung. Utamanya dengan tetap melaksanakan Prokes dan Protokol PPKM, dibandingkan jika dilaksanakan di lapangan terbuka,” terangnya.

Diakuinya, jika event Festival Bumi Sai Wawai tersebut dilaksanakan dengan skala besar di ruang terbuka, maka akan lebih sulit untuk pengendalian Prokes Covid-nya. Ini karena aktivitas pedagang dan pengunjung yang sulit terpantau. “Apalagi di malam hari, yang jika merujuk kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri dan Instruksi Walikota Metro tentang PPKM untuk saat ini masih dibatasi sampai jam 22.00 WIB saja,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Subehi, beberapa event untuk memeriahkan Peringatan Hari Jadi Kota Metro juga akan digelar dalam skala terbatas di beberapa titik lokasi dan ruang terbuka. Diantaranya seperti event Pasar Agro Ceria di depan Gedung Sessat Agung BSW. “Kemudian beberapa penampilan seni budaya dan perlombaan di Gedung Nuwo Intan dan Nuwo Budayo. Lalu, gelaran Karnaval Budaya dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Metro juga tetap akan membuka kesempatan bagi masyarakat yang memilki usaha industri kecil dan menengah untuk dapat berpartisipasi. Ini terutama untuk mempromosikan dan memasarkan produknya di lokasi pameran atau penyelenggaraan event lainnya.

“Nah untuk para pelaku usaha dapat berkoordinasi atau menghubungi Dinas Koperasi, Perindustrian dan UMKM Kota Metro. Kami juga mengimbau dan seluruh masyarakat untuk dapat memeriahkan, menonton dan mengunjungi berbagai event yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kota Metro ke-85 ini,” ungkapnya.

Terlebih, tambah Subehi, peringatan Hari Jadi ke-85 ini juga adalah hajat bersama warga Kota Metro. Karenanya ia mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, mendukung dan menghadiri serta memeriahkan acara tersebut.

“Pemerintah Kota Metro berkeinginan agar Peringatan Hari Jadi Kota Metro tahun ini dapat terselenggara dengan baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Namun tentunya dengan tetap mempertimbangkan kondisi PPKM yang sedang berlangsung pada saat ini. Jadi penyelenggaraan event Festival Bumi Sai Wawai ini tetap ditujukan bagi seluruh warga masyarakat Kota Metro,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button