NEWS

Soal Wajib Militer, Pemkot Metro Dukung ASN Jadi Komponen Cadangan Nasional

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro mendukung upaya pemerintah pusat dalam melakukan pertahanan keamanan. Ini termasuk rencana keikutsertaan ASN sebagai komponen cadangan nasional dalam wajib militer.

“Soal aturan ini saya baru dengar kalau ASN jadi cadangan militer. Mendukunglah, kalau memang aturan pusat seperti itu,” terang Sekda Kota Metro, Jumat (7/1/2022).

Menurutnya rencana tersebut cukup baik dalam upaya menjaga keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Langkah tersebut juga sebagai bekal bagi para ASN dalam mengenai bela negara.

“Karena semua orang kan harus bisa menjaga NKRI dan tanah air. Nah ini ASN, bagus juga. Kalau di luar negeri kan masih SMA. Minimal dengan ini ada pembekalan bela negara. Tapi saya belum dapat informasi ini,” ungkapnya.

Diketahui, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 27 tahun 2021, ASN diharapkan ikut wajib militer dengan bergabung Komponen Cadangan Nasional sebagai wujud bela negara.

Komponen Cadangan Nasional tersebut juga merupakan program dari Kementerian Pertahanan yang terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. Melalui Surat Edaran tersebut, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo ingin agar pejabat pembina kepegawaian mendorong dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada ASN yang memenuhi syarat untuk bergabung ke Komponen Cadangan. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button