NEWS

Soal Polemik Kenaikan PBB-P2, Pemkot Metro Bakal Tambah Stimulus

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menegaskan akan mencabut Surat Keputusan (SK) penetapan tarif Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Perubahan SK tersebut dilakukan mengingat adanya rencana penambahan stimulus PBB-P2.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, Jumat (27/5/2022). Dikatakannya, perubahan kebijakan mengenai tarif pajak tersebut dilakukan berdasarkan hasil dari rapat dengar pendapat (Hearing) Pemkot Metro bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Rabu (25/5/2022). Menurutnya, ada dua solusi yang akan diberikan untuk meringankan pajak tersebut.

“Ini ada saran recomendasi dari DPRD Kota Metro yang harus kita laporkan kepada Pak Wali. Yang pertama adalah PBB di tahun 2022 yang sudah ada penurunan itu tetap. Kemudian bagi yang mengalami kenaikan pada tahun 2022 akan dikembalikan seperti di tahun 2021,” terangnya.

Ia melanjutkan, untuk solusi kedua diberikan dengan rencana penambahan pemberian stimulus kepada objek wajib pajak hingga 70 persen. Karenanya pihaknya akan kembali menerbitkan surat keputusan (SK) terkait PBB-P2 tersebut untuk memperbaharui surat sebelumnya.

“SK yang telah dikeluarkan tahun 2022 ini sementara akan dirubah dan diganti dengan SK yang baru. Jadi, tidak dilakukan pembayaran terlebih dahulu melalui BPPRD. Dan kemungkinan hari Senin SK sudah siap. Kemudian kita lakukan perhitungan kembali, baru setelahnya dapat dilakukan pembayaran,” paparnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang sudah membayarkan PBB-P2 tersebut, tambah Bangkit, pihaknya akan melakukan penghitungan kembali. Nantinya sisa pajak tersebut akan dilakukan pemotongan langsung pada pembayaran tahun berikutnya.

“Kita masih empati juga ya. Karena kita masih pandemi, dan posisi PPKM kita masih terus. Itupun kemungkinan setelah kita naikkan (stimulusnya) masih mendapat keluhan, ini kan kita tetap upayakan, agar kedepannya kita dapat tetap menjaga seluruh masyarakat kita agar dapat membayar pajak,” tukasnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button