NEWS

Soal Kerusakan PJU, Dishub Gencar Lakukan Perbaikan

RADARMETRO.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro fokus melakukan perbaikan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Itu menyusul masuknya keluhan mengenai kerusakan PJU.

“Jadi kita fokus juga terhadap lampu jalan, karena memang itu juga termasuk dalam visi misi Pak Wali Kota. Jadi bersama teman-teman PJU kita full perbaikan lampu jalan. Kemarin dan hari ini juga kami melakukan perbaikan, kemarin di Kelurahan Karangrejo, hari ini di seputaran Jalan Gili Harun,” terang Kepala Dishub Kota Metro, I Made Gede Suwanda, Jumat (20/5/2022).

Ia mengatakan, untuk kerusakan PJU tersebut beragam mulai dari kerusakan dari kondisi alam, seperti hujan, petir, maupun cuaca ekstrim. Namun untuk kerusakan tersebht didominasi oleh hujan.

“Jadi gini, ada yang namanya kontaktor. Kontaktor itu digerakan oleh timer. Jadi kalau hujan kan itu semut pada naik, jika semut itu menyentuh timer, maka itu yang membuat sore tidak bergerak dan mati pada jam 6 pagi,” ungkapnya.

Karenanya, pihaknya tengah mengupayakan perbaikan bersama tim Dishub. Sehingga proses perbaikan bisa dilakukan lebih cepat.

“Tapi kami bersama teman-teman PJU mengupayakan agar proses perbaikan lebih cepat daripada tingkat kerusakan. Misal dalam sehari laporan masuk ada 10 lampu yang rusak, maka hari itu juga diupayakan untuk langsung dibenarkan,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk kerusakan PJU tersebut beragan jumlahnya. Mulai dari 10 hingga 40 lampu per hari. Penyebab kerusakannya, kata dia juga beragan.

“Terkadang, kalau yang putus di jalur utama, itu bisa sangat panjang bisa sampai 40 lampu yang mati. Kendala juga bisa hadir karena ada yang membakar sampah terlalu dekat dengan kabel lampu. Karena tembaga di dalam kabel itu berdampingan, jika itu terlalu panas dan menempel maka otomatis akan konslet. Itulah kendala-kendala kami di lapangan. Namun kami tetap konsen agar malam hari selalu terang,” katanya.

Ia menambahkan, untuk tahun ini belum ada penambahan PJU. Karenanya kedepan usulan penambahan PJU juga akan dilakukan. Terlebih beberapa wilayah juga belum seluruhnya mendapatkan PJU.

“Untuk tahun ini penambahan belum ada. Mudah-mudahan tahun depan di perubahan akan ditambah. Sementara untuk di daerah ujung Kota Metro masih ada yang gelap. Kita akan segera menindaklanjuti. Karena kami juga lihat tiang PLN, sebab lampu PJU ini ditempel di tiang tersebut,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button