NEWS

SMANSA Metro Tempati Peringkat Pertama Terbaik UTBK se-Lampung

RADARMETRO.ID – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Metro alias SMANSA Metro mendapatkan peringkat pertama terbaik tingkat SMA se-Provinsi Lampung dalam pencapaian nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021-2022. Di level Nasional, SMANSA Metro naik diperingkat 257 SMA yang memiliki nilai UTBK terbaik se-Indonesia.

Perankingan tersebut melalui survei dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

“Siswa kita mencapai nilai rata-rata tertinggi kalau di Provinsi Lampung tahun akademik 2021-2022 dalam mengikuti jalur SBMPTN dengan nilai UTBK tertinggi di Provinsi Lampung,” ujar Dra Purwaningsih selaku Kepala Sekolah SMANSA Metro, kepada radarmetro.id, Kamis (19/5/2022).

Peringkat tersebut, diakui Purwaningsih SMANSA Metro mengalami kenaikan peringkat. Pasalnya, pada Tahun Akademik 2020-2021 berada di peringkat 344, selanjutnya di Tahun Akademik 2021-2022 SMANSA secara Nasional naik ke peringkat 257 dengan nilai 550,881.

“Artinya sekarang mereka yang sudah mencapai semester dua, yang mencapai nilai tersebut,” tuturnya.

Sekolah yang sudah berdiri sejak tahun 1959 di Jalan Jend AH Nasution No.222, Yosodadi, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro sampai saat ini tetap konsisten dan komitmen dalam mencetak generasi akademik maupun non akademik. Menurut Purwaningsih hal tersebut dapat diwujudkan melalui peran serta semua elemen SMANSA Metro.

“Kalau prestasi tidak dalam satu titik saja. Kita punya keinginan diseluruh lini mempunyai prestasi untuk mengembangkan minat bakat siswa. Baik kurikulum maupun non kurikulum seperti ekstrakulikuler dan minat bakat siswa,” katanya.

Saat ini, sebanyak 339 siswa akan beranjak dari SMANSA Metro. Pihak perusahaan swasta maupun akademi kemiliteran sudah menanti para siswa maupun siswi sekolah tersebut agar dapat bergabung, lantaran capaian prestasi selama ini.

“Sudah ada beberapa PT yg mengharapkan alumni SMANSA untuk bergabung di perusahaannya, dan Akmil memberi kesempatan bagi siswa SMANSA yg memenuhi kriteria untuk ikut pembinaan. Karena alumni juga kan masih kita himpun. Dirasa hal itu dampak lah ya dari prestasi mereka sampai saat ini,” tuturnya.

“Pada prinsipnya SMANSA memberi kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya tidak hanya dalam bidang science saja, namun bidang seni maupun olah raga juga diberi prioritas yg sama,” pungkas Kepsek SMANSA, Purwaningsih. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button