NEWS

SK Penyesuaian PBB-P2 Diteken, Stimulus Pajak Ditambah hingga 70 Persen

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro secara resmi mengesahkan perubahan penetapan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Dalam revisi penetapan pajak tersebut dilakukan penyesuaian stimulus mulai dari 30 hingga 70 persen dari sebelumnya hanya 20 hingga 60 persen.

Kabag Hukum Setda Kota Metro, Ika Pusparini Anindita Jayasinga menjelaskan, perubahan pajak tersebut ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Walikota Metro Nomor 419/KPTS/B-05/2022. Isinya tentang pemberian stimulus PBB-P2 tahun 2022 di Kota Metro.

“Dari perubahan stimulus ini stimulus pajak diberikan mulai dari 30 sampai dengan 70 persen. Ini seperti pada buku 1 dan 2 dari 60 persen naik menjadi 70 persen,” terangnya, Jumat (3/6/2022).

Selain itu, jelas Ika, kenaikan stimulus pajak juga diberikan pada buku 3 sampai dengan 5. Diantaranya untuk buku 3 dan 4 dari 38 persen naik menjadi 50 persen.

“Kemudian stimulus pajak pada buku 5 diberikan dari 20 persen naik menjadi 30 persen. Ini dilakukan dengan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan DPRD Kota Metro,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, mengatakan bagi masyarakat yang nantinya masih merasa keberatan dengan penetapan pajak tersebut maka dapat mengajukan keringanan. Pengajuan keringanan dapat dilakukan melalui Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan dan Retribusi Daerah (BPPRD).

“Nah nanti kalau ada yang masih merasa keberatan bisa diajukan ke BPPRD. Itu kesimpulan dari SK itu dan sudah dikonsultasikan ke DPRD dan sudah disetujui,” tukasnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button