NEWS

Siaga Bencana, Pemkot Metro Segera Bentuk Tim TDBT

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro menggelar rapat bersama organisasi perangkat daerah (OPD) setempat. Rapat tersebut digelar sebagai persiapan pemerintah untuk membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Terpadu (TDBT) Kota Metro.

Asisten II Walikota Metro Yerri Ehwan menjelaskan, pembentukan tim TDBT tersebut sebagai upaya pemerintah untuk mengidentifikasi keadaan darurat bencana di Kota Metro. Ini seperti bencana banjir, cuaca ekstrim, angin puting beliung, pohon tumbang, kebakaran, kecelakaan kerja/lalu lintas, keracunan massal, wabah penyakit, dan kerusuhan sosial. Nantinya tim tersebut akan mengintegrasikan layanan kedaruratan ke dalam tim layanan kedaruratan terintegrasi.

“Pembentukan tim tanggap darurat bencana terpadu (Integrated Disaster Emergency Response Team) berdasarkan UU 24/2007, PP No 21 Th 2008, dan Perda Metro 1/2015. Tujuan untuk mengurangi atau menghindari kerugian secara fisik, ekonomi maupun jiwa yang dialami oleh perorangan, masyarakat, daerah (negara), dan mengurangi penderitaan korban bencana,” terangnya, Kamis (17/2/2022).

Ia mengatakan, nantinya tim ini juga akan bertugas dalam mempercepat pemulihan dampak bencana. Kemudian memberikan perlindungan kepada pengungsi atau masyarakat yang kehilangan tempat ketika terjadi bencana.

“Tim tanggap darurat terpadu bencana ini nanti juga harus merespon dengan cepat saat terjadi bencana dan kegawatdaruratan. Sehingga dapat meminimalisir korban jiwa dan kerugian harta benda jika terjadi bencana. Selain itu juga menanggulangi kejadian gawat darurat secara terkoordinasi, terpadu, dan menyeluruh. Sehingga dapat mengatasi dan meminimalisir resiko jika terjadi bencana alam, non alam dan sosial,” paparnya.

Diketahui, rapat yang dipimpin Assisten II, Yeri Ehwan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo, Perwakilan BPBD, SatPol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas LH, Dinas Perkim, dan RSUD Jend. A.Yani. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button