NEWS

Serius Memutus Penyebaran Covid-19, Lapas IIA Metro Adakan Vaksinasi Booster

RADARMETRO.ID – Upaya serius untuk melindungi dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Metro, Badan Intelejen Negara (BIN) dan Dinas Kesehatan Kota Metro menggelar vaksin Booster untuk pegawai dan warga binaan walaupun saat puasa, Jum’at (8/4/2022).

Kepala Lapas (Kalapas), Muchamad Mulyana menerangkan kegiatan Vaksinasi Booster dilaksanakan pagi hari, sekira pukul 08.00 WIB di Lapas Kelas IIA Metro. Kegiatan tersebut kerjasama Lapas IIA Metro dengan BIN dan juga vaksinator dari UPTD Puskesmas Iringmulyo.

“Kegiatan Vaksinasi Booster ini dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Intelejen Negara (BIN) dan Dinas Kesehatan Kota Metro yang dalam pelaksanaannya dilakukan oleh Puskesmas Iringmulyo,” terangnya.

Pada kesempatan vaksinasi kali ini, tercatat sebanyak 10 orang pegawai dan juga 57 orang warga binaan sudah mendapatkan Vaksinasi Covid-19 Booster. Hal tersebut menjadi bukti keseriusan Lapas kelas IIA Metro dalam pencegahan penularan Covid-19.

“Bahwa hal ini merupakan salah satu langkah serius dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tambah Mulyana kepada awak media radarmetro.id.

Lebih lanjut, Mulyana menegaskan bahwa perlindungan warga binaan merupakan tanggungjawab dari Lapas. Dalam hal ini termasuk saat Pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Tugas kami di Lapas selain memberikan pembinaan kepada Warga Binaan, saat ini juga melakukan upaya perlindungan dari pandemi Covid-19 yang dapat membahayakan keadaan di dalam Lapas,” pungkasnya.

Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021, pemberian vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa. Alasannya, karena vaksin diberikan dengan suntikan melalui otot atau injeksi intramuskular, tidak melalui rongga yang terbuka.

“Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa,” bunyi isi Fatwa MUI tersebut.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button