NEWS

Sempat Ditunda, Peresmian SMPK Penabur Disaksikan Pengurus BPK se-Indonesia

RADARMETRO.ID – Gedung Sekolah Menengah Pertama Kristen (SMPK) Badan Pendidikan Kristen (BPK) Kota Metro akhirnya diresmikan sejak terselesaikannya pembangunan pada tahun 2021. Peresmian dilakukan langsung oleh Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin dengan disaksikan pengurus Yayasan BPK yang berasal dari 15 Kota di Indonesia.

Kepala Sekolah SMPK BPK Penabur Metro, Vincentia Hariati mengatakan tertundanya peresmian gedung sekolah lantaran menunggu kelonggaran aturan terkait Covid-19. Namun, kegiatan belajar mengajar sekolah tersebut tetap berjalan sejak berdirinya di tahun 2019.

“Sebenarnya kita peresmian sudah di tanggal 26 Februari 2021, karena pandemi diundur hingga 28 Mei 2022,” keterangan Vincentia Hariati kepada radarmetro.id selepas prosesi peresmian SMKP BPK Penabur Metro, Sabtu (28/5/2022).

Berdasarkan keterangan Vincentia Hariati selaku Kepala Sekolah, bahwa SMPK BPK Penabur Metro berdiri sejak tahun 2019 di bawah Yayasan Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur yang berpusat di Kota Jakarta. Sebelum adanya gedung belajar mengajar, Hariati dan guru melakukan pembelajaran satu atap di gedung Taman Kanak-kanak (TK) yang juga dinaungi oleh BPK Penabur.

Proses pembangunan, perapian, hingga terlengkapinya fasilitas kebutuhan siswa di SMP tersebut memakan waktu sampai tiga tahun. Lokasi Gedung SMPK BPK Penabur Metro yang diresmikan tepat berada di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro.

“Gedung ini terdiri dari kelas-kelas yang dilengkapi sarana prasarana seperti Lab IPA, Lab Komputer, Perpustakaan, UKS, juga ruang musik, dan ruangan-ruangan lain yang mendukung jalannya pembelajaran,” paparnya.

Kini sekolah tersebut sudah memasuki tahun pertama kelulusan siswa-siswi yang tergolong berprestasi di Kota Metro.

“Sudah ujian bulan kemarin, jadi lulusan pertama di tahun 2022 ini. Untuk presentasi sudah memperoleh lima bidang studi esensial terbaik se-Kota Metro,” tambah Hariati.

Ditempat yang sama, Wahdi Siradjuddin selaku Walikota Metro memiliki penilaian khusus. Yang pertama, penilaian berdasar Visi dan Misi SMPK BPK Penabur Metro sejalan dengan program Pemerintah dalam canangan menciptakan Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang).

“Visi Misi disekolah ini, sama dengan Visi Misi Kota Metro tentang pendidikan. Tentang gimana memikirkan anak bangsa kedepan yang masuk dalam Gemerlang, menciptakan generasi emas Metro cemerlang,” ujar Wahdi kepada awak media.

Wahdi Siradjuddin turut mengapresiasi kekompakan pengurus Yayasan BPK Penabur se-Indonesia dalam mewujudkan pembangunan gedung yang hari ini ia resmikan.

“Yang kedua kita liat niat, komitmen, dan gotong royong maka terbangunlah sekolah ini. Kami unsur pemerintah Kota Metro, berharap betul-betul para pendidik disini dapat mengarahkan siswa-siswinya kearah yang lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Pusat Yayasan BPK Penabur, Adri Lazwardi melalui Reny Novita
selaku Pengurus Bidang Pendidikan BPK Metro mengungkapkan bahwasanya ada 15 BPK tingkat Provinsi/Kota/Kabupaten yang tersebar di Indonesia.

“Ada 15 Kota termasuk Metro ini, seperti di Jakarta, Bandung, Serang, Tasikmalaya, Cirebon, Rengasdengklok dan masih banyak lagi tentunya,” ujar Reny.

Masing-masing Kota yang tergabung dalam Yayasan tersebut memiliki satuan pendidikan dari jenjang TK, SD sampai SMP. Sementara itu, SMP BPK Penabur Kota Metro yang dalam kelulusan pertama sudah menorehkan prestasi akademik. Kedepannya, Reny akan terus berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah Kota Metro untuk memajukan pendidikan seperti yang dicanangkan Walikota selama ini.

“Harapan kami sama dengan yang disampaikan Pak Wali, memajukan pendidikan di Kota Metro ini juga saling berkolaborasi dengan yayasan kami BPK Penabur,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan radarmetro.id di lokasi peresmian, berlangsung dengan sangat meriah. Adanya penampilan dari siswa siswi dan juga ramainya tamu dari Pengurus Yayasan BPK Penabur yang berada dari 15 Kota se-Indonesia.

Selain itu, kegiatan peresmian juga dihadiri oleh siswa beserta wali murid yang turut memeriahkan acara demi acara. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button