NEWS

SEMA IAIN Metro Berkolaborasi dengan Praktisi Hukum Menyelenggarakan Training Legal Drafting

RADARMETRO.ID – Senat Mahasiswa Intitut Agama Islam Negeri (SEMA Institut) Metro menyelenggarakan Training Legal Drafting selama dua hari di IAIN Metro, Rabu (17/11/2021).

Training Legal Drafting mengangkat tema Terbentuknya Mahasiswa yang Peka Terhadap Aturan Hukum Serta Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Kejujuran, Kebenaran, dan Keadilan. Hal tersebut dianggap cocok akan fungsional SEMA Intitut sebagai lembaga legislatif kampus, yang nantinya dapat menjadi bekal mahasiswa hukum maupun mahasiswa se-IAIN Metro dalam menyusun peraturan. Seperti apa yang diungkapkan oleh Bayu Prayoga selaku Ketua SEMA Intitut.

“Pemahaman yang utuh mengenai legal drafting sangat penting bagi para mahasiswa (aktivis) hukum di berbagai bidang dan instansi. Penyusunan legal drafting ini harus memperhatikan teori, asas, dan kaidah yang diatur oleh peraturan perundang-undangan serta norma, standar, dan praktik hukum secara universal,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini melibatkan seluruh organisasi kemahasiswaan di tingkatan jurusan maupun institut se-IAIN Metro.

“Berlangsungnya kegiatan ini dimulai dari tanggal 16-17 November 2021 di GSG IAIN Metro, peserta diambil dari delegasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan juga Unit Kegiatan Khusus (UKK),” tambahnya.

Ahmad Syarifudin dan Elfa Murdiana dosen sekaligus praktisi hukum yang konsen di wilayah legal drafting, ditunjuk sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan dari mahasiswa yang aktif dalam organisasi.

“Program legal drafting ini diadakan khusus untuk memenuhi kepentingan para aktivis mahasiswa-mahasiswi Institut Agama Islam Negeri, Metro yang ingin menguasai keterampilan dalam bidang legal drafting. Karena produk hukum itu sangat diperlukan dalam organisasi maupun instansi-instansi yang ada,” pungkas Bayu. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button